Amerika Serikat Tegaskan Cegah Kapal Tangker Iran ke Suriah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Amerika Serikat mengancam akan mengambil tindakan untuk mencegah kapal tanker Iran, Grace 1 mengirimkan minyak ke Suriah.

“Jika kapal itu kembali menuju Suriah, kami akan mengambil setiap tindakan yang kami bisa. Kami konsisten dengan sanksi untuk mencegah hal itu,” kata Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo kepada wartawan dilansir Iranian, Rabu, 21 Agustus.

Pada hari Jumat, Amerika Serikat mengeluarkan surat perintah untuk menangkap Grace 1, saat kapal tanker itu masih berada di perairan Gibraltar. Kapal tangker Iran itu memuat minyak seharga $ 995.000 dan dituduh melanggar sanksi.

Namun otoritas Gibraltar yang sempat menahan kapal tangker Iran selama satu bulan lebih itu, menolak permintaan Washington, mengutip perbedaan antara sikap Amerika Serikat dan Uni Eropa terkait sanksi terhadap Iran.

Pesona Air Terjun Kandawudawuna, Eksotisme Si Perawan di Tengah Hutan

Aksi Massa Papua Tak hanya Isu Rasis? Simak Penjelasan JK

Pemalsu Materai Miliki Omzet Ratusan Juta Rupiah

Abdul Somad di Mata Para Jemaahnya di Medan

Majelis Ulama Indonesia Minta Klarifikasi Ustaz Abdul Somad

Iran mengatakan pada hari Minggu bahwa Grace 1 telah berangkat ke perairan internasional setelah pembebasannya dari Gibraltar oleh otoritas Inggris. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi mengatakan Teheran telah memperingatkan Washington agar tidak merebut kapal supertanker di laut lepas.

Namun, Pompeo menegaskan kembali posisi Amerika Serikat untuk tindakan hukuman terhadap siapa pun yang akan membantu supertanker Iran.

“Kami telah menjelaskan bahwa siapa pun yang menyentuhnya, siapa pun yang mendukungnya, siapa pun yang mengizinkan kapal berlabuh berisiko menerima sanksi dari Amerika Serikat,” kata Pompeo.

Kepala kehakiman Iran, Ebrahim Raisi mengatakan pada hari Senin bahwa melepaskan Grace 1 tidak cukup dan menyerukan proses hukum untuk membalas dan memberikan contoh bagi semua orang yang melanggar hukum internasional dengan menyita kapal.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...