Buka Kejurda IPSI, Deng Ical: Atlet Berprestasi Diberi Jalur Khusus Masuk Perguruan Tinggi

Rabu, 21 Agustus 2019 - 19:19 WIB
Deng Ical usai membuka Kejurda

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) pencak silat sekaligus seleksi daerah Pra Pon 2020 yang akan digelar di Papua.

Kejurda yang digelar di Indor Teknis FIK UNM kali ini diikuti sebanyak 149 peserta. Terbagi dalam dua kategori yakni kategori remaja sebanyak 71 peserta, dan kategori dewasa sebanyak 78 peserta.

Ketua IPSI Sulsel, Dr Syamsu Rizal MI, dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar tetap menjaga sportivitas selama bertanding.

“Event ini merupakan event yang kita tunggu-tunggu, melalui event seperti ini pula kesempatan bagi kita untuk membuktikan bahwa latihan yang kita lakukan selama ini tidaklah sia-sia,” ujarnya.

Hal yang patut diapresiasi menurut Deng Ical dikarenakan saat ini para atlet telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

“Saat ini atlet berpretasi pun diberi jalur khusus, salah satunya dengan adanya jalur prestasi bagi para atlet untuk masuk perguruan tinggi dengan aman,” ungkp pria bergelar doktor kebijakan publik ini.

Kesadaran bersama bahwa prestasi bukan hanya diukir melalui akademik tetapi seni dan olahraga pun merupakan prestasi yang membanggakan.

“Hal yang patut dibanggakan, saat Asean Games kemarin, dari 31 medali emas yang diraih Indonesia, 16 medali berasal dari pencak silat,” ujar Deng Ical.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Imam Suyudi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja IPSI Sulsel untuk menyeleksi atlet sebagai persiapan pra pon 2020, dan juga persiapan Sulsel menyambut PON remaja di 2021. (ama)

loading...