Plafon Kelas Nyaris Ambruk, Pelajar SMAN 1 Parepare Berdemonstrasi

Rabu, 21 Agustus 2019 - 08:02 WIB
MIRIS. Plafon di ruang Kelas XII/IA 1 saat ini terpaksa ditopang menggunakan balok kayu, Selasa, 20 Agustus. (FOTO SUARDI/ FAJAR)

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Pelajar SMAN 1 Parepare, protes. Mereka meminta kepada pihak sekolah transparansi terkait penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Apalagi, kini mereka tak lagi nyaman belajar di ruang kelas. Sebab, tak sedikit plafon kelas nyaris ambruk. Sudah dua kali mereka berdemonstrasi. Terakhir pada Selasa, 20 Agustus.

Plafon rusak ini salah satunya seperti yang ada di ruang Kelas XII/IA 1. Plafonnya terpaksa ditopang menggunakan balok kayu. Ini agar tak ambruk menimpa siswa saat belajar.

Parahnya lagi, plafon yang ada di lantai dua sekolah tersebut. Juga sudah banyak yang sudah hilang karena terkena air hujan.”Kami siswa hanya minta agar fasilitas sekolah kami diperbaiki. Begitupula dana BOS agar jelas peruntukannya,” ucap pelajar SMAN 1 Parepare, Muh Irfan.

Ketua Osis SMAN 1 Parepare, Meilani juga meminta agar pihak sekolah tidak berdalih terkait penggunaan dana BOS yang selama ini diduga disalah gunakan.”Ada banyak kegiatan sekolah kami tak dibiayai. Siswa harus tanggung sendiri,” geramnya.

Bendahara Sekolah SMAN 1 Parepare, Syamsuddin, yang menyambangi langsung siswa beroperasi agar semua siswa harap tenang. Jangan mudah terprovokasi.”Saya jelaskan yah. Sejauh ini dana BOS, itu sudah berikan sesuai dengan Juknisnya. Kalau ada yang bilang tak sesuai peruntukan itu tidak benar,” terangnya.Apalagi, kata Syamsuddin, bila setiap ada kegiatan tak ada diberikan biaya. Itu tak benar. “Waktu O2SN kemarin. Itu apa,” ujarnya.

Begitu pula dengan pembangunan sekolah. Kata Syamsuddin, itu sudah dianggarkan. Hanya saja bertahap. “Siapa bilang kita tak perhatikan fasilitas sekolah. Itu bangku sekolah sudah dibelikan. Kan tidak mungkin uang keluar sesuai Juknis,” bebernya. (sua)

Loading...