Soal Bandara Toraja, Nurdin: Mau Didarati Desember 2019

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:46 WIB
Nurdin Abdullah dan Bupati Tator berbincang di lokasi pembangunan bandara. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKALE — Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengunjungi pembangunan bandara baru Toraja di Buntu Kuni, Mengkendek, Rabu, 21 Agustus 2019. Proyeknya diharapkan bisa tuntas akhir tahun ini dan sudah bisa didarati pesawat.

NA menyebutkan, bandara di Buntu Kuni dikerjakan secara keroyokan. Anggaran tidak hanya dari APBN tetapi juga berasal dari anggaran APBD provinsi dan kabupaten. Akses jalan masuk Pemprov Sulsel mengalokasikan anggaran sebesar Rp30 miliar dan Rp3 miliar dari APBD Kabupaten Tator.

Proyek penyelesaian bandara tersebut dari sisi udara sampai penyelesaian terminal dikerjakan dengan anggaran sebesar kurang lebih Rp290 miliar lebih.

NA juga mengupayakan fasilitas tambahan di sekitar lokasi bandara berupa rest area dan sarana pendukung lainnya.

“Bandara ini adalah yang tercantik dan indah. Kita mau bisa tuntas akhir tahun untuk bisa didarati. Saya masih mau membicarakan dengan Kemenhub untuk fasilitas tambahan untuk bisa melayani jet pribadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tator, Nico Biringkanae, yang ikut dalam rombongan tersebut berjanji sudah mempersiapkan segala kebutuhan dan dukungan lainya untuk percepatan penyelesaian bandara yang kini dipopulerkan jadi Toraja International Airport. (fkt/sam)

loading...