Teliti Perusahaan Pengolahan Kayu, Dosen Muda UMI Raih Gelar Doktor

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Muhammad Fadhil Hamzah, meraih gelar doktor ilmu manajemen di usia muda. Itu setelah dia mengikuti promosi doktor di Aula Pascasarjana UMI, Rabu (21/08/2019).

Pria kelahiran 1990 ini meneliti tentang “Pengaruh Motivasi, Karakteristik Individu, Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Perusahaan Pengolahan Kayu di Kota Makassar”.

Penelitian dibimbing oleh Promotor Prof Dr Mursalim Umar Gani dan ko-promotor Prof Dr Syahrir Mallongi, dan Dr Sunusi Hamid.

Muhammad Fadhil Hamzah dalam disertasinya menyatakan, ada tiga tujuan penelitian yang dicapai. Di antaranya mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel motivasi, karakteristik individu dan komitmen organisasi terhadap kepuasan dan kinerja karyawan.

Pengaruh variabel motivasi, karakteristik individu dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan pada perusahaan pengolahan kayu di Makassar.

Terkait hasil penelitian, Fadhil Hamzah menyatakan, ada empat hal pokok yang dapat diambil sebagai intisari dari penelitiannya. Pertama, motivasi, karakteristik individu dan komitmen organisasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan.

Kedua, secara parsial motivasi, karakteristik individu dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan.

“Ketiga, motivasi berpengaruh dominan terhadap kepuasan kerja karyawan dan keempat karakteristik individu berpengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan,” ungkap Fadhil.

Fadhil berharap penelitian ini dapat memberikan manfaat praktis bagi perusahan pengolahan kayu dan pengembangan keilmuan.

“Manfaat praktis dari penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan perusahaan pengolahan kayu di Makassar khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam rangka pengambilan kebijakan dan perumusan strategi pengembangan sumber daya manusia,” sambungnya.

Secara akademis, penelitian ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang manajemen sumber daya manusia. (aas-rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...