Amblas Jalan Trans Sulawesi Semakin Parah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Warga Desa Mattirowalie, Kecamatan Maniangpajo, Ahmad Ramadan. Jalur Trans Sulawesi di Desa Mattirowalie amblas. Padahal pengejaran aspalnya terbilang cukup baru. Sejak pengerjaannya rampung awal 2019. Jalan poros Wajo-Sidrap sudah dua kali amblas.

Pernah ditutupi waktu pertama amblas namun belum maksimal. Sekarang rusak lagi, malah semakin parah. Retakannya semakin panjang dan meluas.

Kondisi jalur Trans Sulawesi sekarang mengganggu pengendara yang melintas dari arah Sidrap atau sebaliknya. Jangan menunggu ada korban jiwa baru diperbaiki secara maksimal.

Jawaban

Kondisi jalan itu sudah dilakukan uji forensik dengan core team perencanaan dan Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Sulsel.

Kondisi dasar tanah yang labil dinilainya, menjadi penyebab amblas jalur Trans Sulawesi itu. Kita sisa menunggu hasilnya, kareba sangat penting dalam menangani jalan nasional tersebut.

Tidak cukup dengan pemadatan. Harus di bongkar dengan kedalaman 1 sampai 2 meter, karena ini permasalahan tanah dasar. (man/ham)

Husni Arafat,
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 13 Koridor Bangkae- Anabanua -Tarumpakae-Batas Kabupaten Luwu

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...