Antisipasi Efek Samping Vaksin HPV

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Mencegah penyakit kelamin bisa dilakukan dengan penyuntikan vaksin. Namun, sebaiknya perhatikan efek samping dari vaksin HPV.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Akademis Jaury, Prof Dr Muh Dali Amiruddin SpKK(K), FINSDV, FAADV menuturkan, vaksin HPV digunakan untuk mencegah kutil kelamin yang disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Beberapa jenis HPV juga dapat menyebabkan kanker serviks, kanker mulut, dan kanker tenggorokan.

Meski aman, kemungkinan efek samping juga bisa terjadi. Efek samping ringan yang umum terjadi adalah rasa sakit, bengkak, dan kemerahan di tempat suntikan. Namun, beberapa orang dilaporkan pingsan setelah disuntik. Jadi setelah diberi vaksin, pasien harus menunggu setidaknya 15 menit untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya efek samping.

Vaksin HPV sendiri juga kurang efektif dalam mencegah penyakit terkait HPV pada wanita muda yang telah terpapar satu satu atau lebih tipe HPV. Meski telah melakukan vaksin, penting untuk terus melakukan skrining untuk kanker serviks, karena vaksin HPV tidak melindungi semua jenis kanker serviks.

“Wanita hamil juga tidak boleh mendapatkan dosis vaksin HPV sampai kehamilannya selesai, karena dapat mengganggu kesehatan janin,” ujarnya.

Untuk jadwal vaksin sendiri bisa dilakukan sebelum ulang tahun ke-15 yakni dua kali dosis, untuk pemberian dosis kedua dilakukan enam hingga 12 bulan setelah dosis pertama. Namun, saat vaksin dilakukan sesudah ulang tahun ke-15 ada tiga dosis pemberian. Pada dosis kedua harus diberikan satu hingga dua bulan setelah dosis pertama, dan dosis ketiga harus diberikan enam bulan setelah dosis pertama. (ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...