BM PAN Nilai Hak Angket Sebagai Bukti Ketidakberdayaan Anggota DPRD Sulsel

Kamis, 22 Agustus 2019 - 10:33 WIB
Hak Angket DPRD Sulsel

FAJAR.CO.ID, MALILI—Ketua Bidang Politik BM PAN Sulsel, Amin Abdullah menilai hak angket bukti ketidakberdayaan anggota DPRD Sulsel mejalankan fungsinya.

Menurutnya, tiga fungsi utama DPRD, salah satunya adalah pengawasan terhadap kinerja eksekutif agar pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan dengan baik. ”Ini terciptanya good governance dan good government. Ini bisa tercapai apabila dewan betul-betul menjalankan fungsinya sebagai pengawas jalannya pemerintahan,”kata Amin.

Begitupun sebaliknya apabila pemerintahan tidak baik maka kinerja dewan perlu dipertanyakan, gejolak hak angke DPRD Sulsel bahkan mau melakukan pemakzulan terhadap Gubernur Nurdin Abdullah.

Bahkan dewan sampai menggunakan hak angket ,”Badik kalau sudah keluar dari sarungnya itu pertanda situasi sudah genting, Kalau belum berbahaya masih bisa diselesaikan dengan tangan kosong,”paparnya.

Dia menjelakan, seharusnya anggota DPRD malu pada rakyat yang telah memilih mereka, karena mereka terbukti tidak bisa menjalankan fungsinya sehingga mengandalkan hak angket,”Rakyat sekarang bukti kerja, bukan argumen dan sikap sok jago yang dipertontonkan dengan kehebatan memiliki hak angket,”paparnya.(shd)

Loading...