Eva Kusuma Sundari: Baik yang Seragam Harus Diproses

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:26 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Politikus PDIP, Eva Kusuma Sundari meminta aparat kepolisian bertindak cepat dalam mengusut peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Jawa Timur.

Eva Kusuma Sundari mengajak semua pihak mempercayakan proses hukumnya kepada kepolisian yang melakukan penyelidikan dan penyidikan. Dalam waktu segera, katanya, harus ditemukan siapa tersangkanya.

“Paling tidak yang provokasi. Ini untuk menghindari merembetnya kemarahan ke wilayah lain. Sudah banyak bukti, siapa yang memaki rasis baik yang sipil maupun yang seragam keamanan harus diproses hukum,” kata Eva, Rabu (21/8).

Termasuk akun-akun di media sosial yang terang-terangan memprovokasi harus diproses dan ditetapkan sebagai tersangka. Langkah ini lebih cepat akan lebih baik supaya penyebaran kekacauan bisa dikendalikan.

Polri Mulai Usut Kasus Penistaan Agama Ustaz Abdul Somad

Dua Tahun, 30 Ibu Hamil Positif HIV/AIDS

Mohammad Javad Zarif: Iran Bisa Bertindak Tak Terduga

Drone MQ-9 Reaper AS Ditembak Jatuh Pemberontak Houthi

APBN Sokong Rp25 Triliun, BPJS Masih Defisit Rp9,1 Triliun

“Ini politik, destabilisasi menggunakan rasisme yang jelas bukan DNA bangsa Ini. Aneh, karena sebelumnya kita tidak pernah punya pengalaman rasisme apalagi di Jatim yang orangnya terbuka, integrasi masyarakat antarsuku dan agamanya kuat,” tutur Eva.

Dia menilai langkah pengendalian sosial media yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah bagus. Sekarang tinggal mencari siapa pelaku persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Jatim.

“Hati-hati merembet ke wilayah lain yang menumpangi isu ini. Saya berharap semua berkomentar konstruktif unttuk mendukung penegakan hukum oleh polisi. TNI membantu, polisi pegang kendali karena ini masalah kamtibmas,” tandas Eva. (jpnn)

loading...