Perawatan Wajah, Pilih Masker AHA

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Bahan-bahan alami memang sangat baik untuk perawatan wajah karena tak menimbulkan efek samping.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Hikmah, dr Alwi Andi Mappiasse SpKK FINSDV FAADV mengatakan, rutinlah setidaknya seminggu sekali memberikan masker pada wajah. Pilih buah golongan AHA atau asam alfa hidroksi.

Biasanya ditemukan di beberapa buah seperti tebu, sitrus, jeruk nipis, dan anggur. Bisa mencampurkannya dengan beras hitam yang ditumbuk halus. Buah tersebut juga bisa mengangkat lemak yang berlebih di wajah. Selain itu, hindari konsumsi makanan secara berlebihan, pun juga diet yang ketat.

Pria saat ini harus menyadari pentingnya menggunakan sunblock saat ke luar rumah, karena matahari pada pukul 09.00 hingga 15.00 sangatlah berbahaya untuk kulit. Setiap beraktivitas di luar juga agar menggunakan masker atau topi agar ultraviolet tak langsung mengenai wajah.

Mencuci muka pun harus rutin minimal dua kali sehari utamanya usai melakukan aktivitas di luar. “Jangan hanya gunakan air, tetapi sabun cuci muka untuk mengangkat bakteri dan kotoran di wajah,” ujar Alumnus Toyama University Japan tersebut.

Terakhir, perbanyak konsumsi air putih, karena air akan mengangkat kotoran yang ada di pori-pori wajah sehingga dapat mencegah dan memudarkan flek hitam.

Spesialis Kulit dan Kelamin,Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, dr Asnawi Madjid SpKK(K) MARS mengatakan, orang-orang yang aktif di luar lapangan memang mudah terkena masalah kulit apalagi bila tak menjaga kulit dengan benar.

Penggunaan krim yang mengandung tabir surya cukup penting diberikan pada wajah sebelum ke luar beraktivitas. Pada pria agar tak terlalu terlihat bisa gunakan krim yang tidak berwarna. “Karena pria kan memang biasanya mau terlihat lebih simpel saja jadi ada krim yang warna bening. Konsumsi juga air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit,” ungkapnya. (ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment