Risiko Depresi, Kurangi dengan Lima Makanan Sehat Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Depresi adalah salah satu jenis penyakit mental yang masih sering diabaikan oleh masyarakat Indonesia. Tidak banyak orang yang segera melakukan tindakan saat mengalami risiko depresi atau stres.

Padahal mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu seseorang mengatasi depresi atau stres yang dialaminya. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman MSN, Selasa (20/8).

1. Tiram

Makan tiram untuk mengobati depresi mungkin terdengar aneh. Ternyata tiram, serta moluska dan kerang lainnya, adalah sumber seng yang hebat, yang memainkan peran kunci dalam fungsi otak sehari-hari, khususnya dalam hal kejernihan mental, perilaku, dan perhatian. Tiram dan kerang lainnya adalah pilihan yang baik, karena mereka juga menyediakan vitamin B12, asam lemak omega-3, dan selenium, tiga nutrisi lain yang juga berhubungan dengan kesehatan otak.

2. Blueberry liar

Semua beri adalah pilihan makanan yang enak, tetapi blueberry berada di peringkat atas berkat tingkat vitamin C dan polifenolnya yang tinggi. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari radikal bebas berbahaya dan meningkatkan fungsi otak yang tepat, terutama selama masa-masa stres.

3. Makanan Fermentasi

Penelitian menunjukkan bahwa bakteri usus berperan dalam pengembangan berbagai masalah kesehatan mental (termasuk depresi). Makanan yang di-fermentasi seperti kimchi, kombucha, miso, tamari, tempe, dan asinan kubis, serta produk susu fermentasi seperti yogurt kaya akan bakteri baik. Studi meta-analisis dari hampir 100 studi menemukan bahwa risiko depresi berkurang secara signifikan dengan secara teratur mengonsumsi makanan kaya probiotik.

Sakit Leher Pertanda Kolesterol Tinggi, Benarkah?

Barack Obama dan Michelle Membuat Debut Film Hollywood

Gara-gara Rekening Diblokir Istri, Suami Gugat Bank

Tahapan Pilkada Dimulai September, Perseorangan Sudah Bisa Kumpul KTP

Diduga Ditunggangi Separatis, Massa Bawa Atribut Bintang Kejora

4. Ikan salmon

Salmon menawarkan pendekatan dua arah dalam memerangi depresi karena tidak hanya menyediakan omega-3 yang penting bagi kesehatan otak, tetapi juga sumber Vitamin D. Jadi cobalah makan ikan berlemak 4 hingga 6 ons seperti salmon dua hingga tiga kali per minggu untuk mendapatkan omega-3 dan vitamin yang sangat penting bagi otak.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, seledri, kubis dan selada air tinggi Vitamin C, beta-karoten, dan folat. Banyak yang merasa mendapatkan folat yang cukup setiap hari adalah kunci karena defisiensi folat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih besar. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...