Smartphone Bisa Picu Kelebihan Berat Badan, Ini Risetnya

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:51 WIB

FAJAR.CO.ID– Sepertinya, setiap hari ada saja alasan baru mengapa kita harus sedikit menjauh dengan smartphone yang kita miliki, mulai dari cahaya biru yang mengacaukan siklus tidur hingga leher yang kaku.

Sekarang ada satu lagi, dan itu adalah masalah besar, menghabiskan lima jam atau lebih per hari di ponsel pintar bisa meningkatkan peluang obesitas Anda, terutama bagi kaum muda. Hal ini menurut penelitian baru dari American College of Cardiology.

Studi ini mengikuti mahasiswa dan menemukan bahwa mereka yang menggunakan smartphone mereka lima jam atau lebih sehari memiliki 43 persen peningkatan risiko obesitas, karena penggunaan telepon yang berlebihan dikaitkan dengan penurunan aktivitas fisik.

Mereka juga lebih cenderung memiliki kebiasaan gaya hidup lain yang meningkatkan peluang mereka terkena penyakit jantung, termasuk dua kali lebih mungkin makan makanan cepat saji, makanan manis, dan minuman manis.

“Adalah penting bahwa populasi umum mengetahui dan menyadari bahwa meskipun teknologi mobile tidak diragukan menarik untuk berbagai keperluan, portabilitas, kenyamanan, akses ke layanan yang tak terhitung jumlahnya, sumber informasi dan hiburan, smartphone juga harus digunakan untuk meningkatkan kebiasaan dan perilaku sehat,” kata Mirary Mantilla-Morrón, penulis studi utama dan spesialis rehabilitasi jantung dan paru di Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Simón Bolívar di Barranquilla, Kolombia, seperti dilansir laman Sheknows, Selasa (20/8).

Sakit Kepala Saat Haid, Kenali Beberapa Penyebabnya

Kunyit Putih Ampuh Usir Radang Tenggorokan, Benarkah?

Menteri Baru Disiapkan Mobil Rp147 Miliar, Begini Kata HNW

Ibu Kota Baru Belum Dianggarkan, Sandi: Nyanti Saja, Bro

Berkas Lengkap, Kivlan Zen Diserahkan ke Kejaksaan

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memfasilitasi perilaku tidak aktif, mengurangi waktu aktivitas fisik, yang meningkatkan risiko kematian dini, diabetes, penyakit jantung, berbagai jenis kanker, ketidaknyamanan osteoarticular dan gejala muskuloskeletal.

Para peneliti mengikuti 1.060 siswa – 700 wanita dan 360 pria – di Simón Bolívar University selama enam bulan tahun lalu.

Selain peningkatan risiko obesitas bagi mereka yang menghabiskan lima jam atau lebih sehari di ponsel mereka, 26 persen dari orang-orang itu mengalami kelebihan berat badan.

“Hasil penelitian ini memungkinkan kami untuk menyoroti salah satu penyebab utama obesitas fisik, faktor risiko penyakit kardiovaskular,” jelas Mantilla-Morrón.

“Kami juga telah menentukan bahwa jumlah waktu di mana seseorang terpapar pada penggunaan teknologi – khususnya penggunaan telepon seluler yang berkepanjangan – dikaitkan dengan perkembangan obesitas,” pungkas Mantilla-Morrón. (jpnn)

Loading...