Spider-Man Hengkang dari Marvel, Mimpi Buruk Bagi Fans

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:20 WIB
Karakter Spiderman. (INT)

FAJAR.CO.ID — Spider-Man bakal mengucapkan selamat tinggal kepada seluruh karakter Marvel Cinematic Universe! Mimpi buruk bagi fans MCU itu menjadi kenyataan dengan kabar perselisihan antara Sony Pictures dan Disney.

Sony memegang hak cipta Spider-Man sejak 1999. Karakter itu sangat sukses sejak diperankan Tobey Maguire pada 2002-2007. Sony kemudian membuat reboot film tersebut dengan judul The Amazing Spider-Man dan sekuelnya menggandeng sutradara Marc Webb serta Andrew Garfield sebagai pemeran Peter Parker.

Hingga akhirnya Sony bekerja sama dengan Disney. Masuklah karakter Spider-Man ke dalam beberapa film MCU pada 2015. Termasuk Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

Namun, dalam dua film solo Spider-Man yang berjudul Spider-Man: Homecoming dan Spider-Man: Far From Home, Disney dikabarkan mendapat persentase pendapatan yang rendah. Sebab, hal itu ditukar dengan kesediaan Sony untuk memasukkan Spider-Man ke film Captain America: Civil War, Infinity War, dan Endgame.

Disney dan Marvel yang kini melangkah ke Phase 4 menegosiasi ulang kesepakatan tersebut. Disney menawarkan perbandingan pembiayaan 50/50. Artinya, profit juga akan dibagi 50/50. Namun, Sony menolaknya. Mereka ingin pengaturan pembiayaan tetap sama seperti Homecoming dan Far From Home.

Disney akhirnya menghapus nama Kevin Feige dan Marvel Studios sebagai produser film Spider-Man milik Sony Pictures yang akan datang. Spider-Man juga akan keluar dari MCU. Perlu diketahui, Far From Home baru saja mengalahkan Skyfall (2012) sebagai film Sony Pictures berpendapatan tertinggi sepanjang masa. Pendapatannya USD 1,1 miliar.

Sony pun mengungkapkan kekecewaan terhadap Disney lewat serangkaian cuitan di Twitter kemarin (21/8). ”Kami kecewa, tapi tetap menghargai keputusan Disney untuk tidak menunjuk Kevin Feige sebagai lead producer dalam film live-action Spider-Man kami selanjutnya,” tulisnya.

Sony berharap keputusan itu bisa berubah. Meski begitu, Sony memaklumi keputusan tersebut karena memahami besarnya tanggung jawab Feige saat ini. Termasuk tambahan beberapa properti baru Marvel. ”Kevin luar biasa. Kami berterima kasih atas bantuan dan bimbingannya, serta menghargai jalan yang dia berikan untuk kami, yang akan kami teruskan,” imbuh Sony.

Memang belum ada keputusan resmi terkait hengkangnya Spider-Man dari MCU. Meski begitu, Spider-Man sebetulnya memang tidak akan lagi muncul di film-film MCU. Kecuali jika ada beberapa alasan yang mengharuskan Spider-Man muncul dalam film Black Widow atau The Eternals.

”Ini tidak selalu berarti bahwa Spider-Man tak akan menjadi bagian dari MCU yang akan datang. Kabar ini hanya tentang kredit produser,” kata sumber yang mengetahui negosiasi itu, tetapi tidak berwenang bicara secara terbuka, sebagaimana dilansir dari USA Today.

Di sisi lain, banyak fans yang sedih atas kabar tersebut. Mereka beramai-ramai menggunakan tagar #SaveSpiderman. Tagar itu menjadi trending topic dunia di Twitter kemarin. (JPC)

loading...