Bulukumba Disiapkan sebagai Kabupaten layak Pemuda

Jumat, 23 Agustus 2019 - 13:38 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Bulukumba ke depan bisa menjadi kabupaten yang layak dengan pemuda. Itu apabila masyarakat setempat mempercayakan kepada Jamaluddin M Syamsir sebagai Bupati pada Pilkada 2020 mendatang.

Keyakinan itu bukan tidak mungkin, mengingat JMS, akronim pernah dipercayai sebagai mantan ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Selatan. Tentu tahu bagaimana keinginan para kalangan pemuda sekarang ini.

“Tidak ada yang bisa membantah kalau para pemuda dari Bulukumba hebat-hebat semua. Sekarang bagaimana para pemuda yang dimiliki Bulukumba in ke depan diberi wadah agar sama-sama membangun daerah,” katanya.

JMS yang juga merupakan politisi Partai Golkar itu meyakini mampu mewujudkan Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Pemuda, selama didukung dengan komitmen, kerja keras dan keseriusan dari Pemerintah Daerah (Pemda) itu sendiri dalam upaya memenuhi beberapa prasyarat yang dibutuhkan, diantaranya ; Ketersediaan regulasi, yakni harus ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Kepemudaan. 

“Begitupun Pemda harus menyediakan infrastruktur, yakni wadah dan atau ruang sebagai tempat ekspresi dan pengembangan kreasi dari para Pemuda,” jelasnya.

Demikian pula Pemda harus memberi Support dan dukungan atas penguatan kelembagaan. Selain itu, Pemda juga mesti memberikan kebijakan stimulan yang dapat mendorong kemandirian pemuda, misalnya melalui pemberdayaan perekonomian sektor rill (UMKMK) yang banyak dikelola oleh kelompok pemuda.

Kesemua itu, dengan pengalaman kepemimpinan yang ia miliki, JMS sangat yakin, Bulukumba akan ia jadikan sebagai kabupaten Layak Pemuda. “Saya yakin, dengan komitmen dan keseriusan, Bulukumba pasti bisa kita dorong sebagai Kabupaten Layak pemuda”, katanya.

Lebih jauh, JMS mengungkapkan, bahwa perwajahan masa depan suatu daerah sangat terletak dari produktifitas anak-anak muda. Maka pemberdayaan dan mewujudkan kemandirian Pemuda tentu menjadi tugas mulia untuk melihat masa depan suatu daerah yang maju dan sejahtera. “Mengurusi anak muda, tentu kita sedang bekerja mempersiapkan masa depan daerah yang lebih baik dimasa-masa yang akan datang”, tutupnya. (taq)

loading...