Dititipkan Amanah Pimpin YHK, Mbak Titiek: Ibu Sudah Lakukan Buat Bangsa

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:43 WIB
Ketua Yayasan Harapan Kita Siti Hardiyanti Rukmana

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Yayasan Harapan Kita yang dibangun oleh istri Presiden Indonesia ke-2 Almarhumah Ibu Hj. Siti Hartinah Soeharto kini manginjak usia ke-51 tahun. Yayasan yang bergerak di bidang sosial, kesehatan dan pendidikan ini terus eksis meski tahta pemerintahan telah berpindah tangan.

Ketua Yayasan Harapan Kita Siti Hardiyanti Rukmana atau dikenal dengan panggilan Mbak Titiek menuturkan, sepak-terjang Yayasan Harapan Kita ini sangat membantu masyarakat Indonesia, maupun internasional.

“Karena saya merasa Yayasan Harapan Kita yang dibangun oleh Ibu Tien Soeharto (almarhumah) itu sangat membantu masyarakat, hingga memang dibutuhkan. Jadi saya sangat terpanggil meneruskan cita-cita ibu dan bapak membantu masyarakat yang memang sangat membutuhkan bantuan kita,” kata Mbak Titiek di Gedung Granida saat merayakan 51 Tahun Yayasan Harapan Kita, Jumat (23/8).

Dikatakan Mbak Titiek, tugas yang dititipkan oleh orang tuanya tidaklah ringan, namun dirinya bertekad untuk terus melanjutkan yayasan tersebut. “Walaupun seberat apapun, saya akan terus coba melanjutkan apa yang telah beliau rintis sebelumnya,” ucapnya.

“Banyak sekali yang sudah dilakukan oleh ibu buat masyarakat dan negara Indonesia ini, saya berpikir ibu kok sudah banyak sekali membantu orang dan saya kok ga bisa kaya ibu ya, membuat sesuatu yang besar untuk masyarakat,” tambahnya.

Mantan menteri di era Pemerintahan Orde Baru ini mengisahkan, Ibu Tien Soeharto sering mengingatkan anak-anaknya untuk terus berbuat baik bagi masyarakat, dan tidak boleh mengharapkan balasan atau imbalan dari mereka, selain amal ibadah dari Tuhan.

“Ibu menyampaikan kalau kamu mau buat sesuatu jangan melihat nilai besarnya, tapi niat kamu pertama kemudian buatlah yang akan kau lakukan itu. Sekecil apapun karena itu bermanfaat untuk negara dan menjadi salah satu bagian dari pembangunan bangsa,” jelasnya.

Sementara menurut Sekretaris Jenderal Yayasan Harapan Kita Mohammad Sulaeman, pendirian YHK didirikan ibu Tien dengan tujuan luhur meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia dalam arti seluas-luasnya.

“Ibu Tien mengelola Yayasan Harapan Kita bersama para wanita enerjik pada zamannya yaitu Ibu Siti Zaleha Ibnu Sutowo, Ibu Sri Dewanti Muhono, Ibu Kartini Widya Latief, Ibu Siti Maemunah Alamsjah, Ibu Wastuti Ali Murtopo dan Ibu Soetamtitah Soedjono Humardani,” ujarnya.

“Pak Harto, dengan keyakinan akan kemampuan sang istri, selalu mendukung setiap ide besar Ibu Tien, berikut pelaksanaannya,” tutup Sulaeman. (***/yon)

Loading...