HNW: Ibu Kota Itu Bukan Perkara Keinginan Sepihak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) menginginkan Presiden Joko Widodo mengajak lembaganya untuk membahas wacana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

Menurut HNW, upaya pemindahan ibu kota tidak bisa hanya diputuskan oleh kepala negara, tetapi banyak pihak yang harus terlibat.

"Ibu kota itu bukan perkara keinginan sepihak, juga terkait UUD. Terkait UUD di Pasal 2 Ayat 2 menjelaskan MPR bersidang sedikitnya lima tahun sekali di ibu kota Negara, sekarang Jakarta. Kalau akan melakukan pemindahan, harusnya MPR di-sounding dong. Kenapa? Karena MPR sebagai perwujudan dari seluruh anggota dewan, itu juga penting bagaimana caranya tentang pemindahan ibu kota," kata HNW di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (23/8).

Alasan kedua, menurut HNW, penetapan Jakarta sebagai ibu kota Negara tercantum dalam undang-undang. Karena itu, perubahan ibu kota negara juga harus merevisi undang-undangnya.

Pencari Suaka Rusuh Rebutan Makanan, Mencekam

Patawari Philip Akui Hanya Dirinya Kader PAN Bulukumba Paling Siap di Pilkada

Musikus Glenn Fredly Unggah Foto, Tapi Bukan dengan Mutia

Kalina Octaranny Tak Tinggal Diam Nikita Mirzani Difitnah

Febri Diansyah Percaya Jokowi Tak Pilih Menteri Bermasalah

"Negara harusnya mengajarkan rakyat Indonesia taat UU dan konstitusi, jangan dijangka sementara UU yang lama masih berlaku. Bagaimana nanti kalau DPR menolak?" kata politikus PKS ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...