Pencari Suaka Rusuh Rebutan Makanan, Mencekam

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, KALIDERES– Keributan kembali terjadi antar pencari suaka di Gedung Eks Kodim 0503/JB, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (22/8). Kerusuhan ini diduga akibat memperebutkan makanan. Mereka bahkan mencoba membobol gudang penyimpanan makanan.

Kapolsek Kalideres, AKP Indra Maulana mengatakan, peristiwa bermula saat pengungsi Afganistan berebut makanan dengan pengungsi Sudan ketika makanan dibagikan. Namun, keduanya mendadak saling adu mulut hingga berujung saling lempar batu dan kayu.

“Karena itu kami datang dan mencoba untuk melerai para pengungsi untuk tidak membuat kegaduhan yang bisa menganggu ketertiban umum,” kata Indra saat dikonfirmasi, Jumat (23/8).

Aiptu Daud yang mencoba melerai kerusuhan tersebut bahkan turut menjadi korban. Dia terkena lemparan batu hingga tangannya mengalami luka memar. Pasca kejadian dia langsung dievakuasi guna mendapat pertolongan pertama.

“Anggota saya luka memar karena dilempar dari dalam entah kayu atau batu masih kami dalami,” imbuh Indra.

Menteri Besar Johor Malaysia dan Gubernur Sulsel Bertemu, Sahruddin Bin Haji Jamal : Sama-sama Alumni Unhas

Musikus Glenn Fredly Unggah Foto, Tapi Bukan dengan Mutia

Caleg Terpilih Golkar Ingin Duduk di Komisi Membidangi Pekerjaan Umum

Febri Diansyah Percaya Jokowi Tak Pilih Menteri Bermasalah

KM Santika Nusantara Terbakar Rute Surabaya-Balikpapan

Sementara itu, berdasarkan keterangan salah seorang warga, Cheryl Martha, kejadian saat itu cukup mencekam. Para pencari suaka itu tak henti saling serang dan tak mengindahkan keberadaan polisi. Tembakan peringatan dari aparat tak cukup untuk mereka.

Meski begitu, saat ini kondisi sudah kondusif. Situasi sudah berhasil diredam. “Kemarin jalanan sempet diblok gitu,” ucap Cheryl.

Sebelumnya, keributan di pengungsian para pencari suaka juga pernah terjadi pada Minggu (21/7). Keributan saat itu bermula saat warga Somalia hendak mengambil air wudu untuk salat dzuhur. Kemudian, warga negara asal Afganistan, menyerobotnya.

Tak terima atas hal itu, keduanya pun adu mulut. Beruntung ada para pencari suaka lainnya yang melerai. Sehingga perkelahian bisa dihindari. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...