Penyakit Diabetes, Coba Minum Susu Kunyit dan Kayu Manis

Jumat, 23 Agustus 2019 - 10:51 WIB

FAJAR.CO.ID– Terlalu banyak mengosumsi minuman dan makanan manis membuat seseorang terancam dari penyakit diabetes. Diabetes adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh saat memproses gula darah, sehingga glukosa tak terkendali. Jika tidak dikendalikan dapat menyebabkan peningkatan risiko stroke dan atau serangan jantung.

Seseorang menderita diabetes ketika gula darahnya terlalu tinggi dan hormon insulin yang diproduksi di pankreas yang memecah glukosa tidak dibuat oleh tubuh. Kondisi ini, jika tidak dikelola dengan baik, dapat sangat merusak mata, ginjal, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Menurut perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1,6 juta kematian secara langsung disebabkan oleh diabetes pada 2016. Untungnya, diabetes dapat dikelola melalui diet disiplin, cek gula darah teratur, dan olahraga.

Agar mengoptimalkan diet dan pola makan yang dilakukan, pasien diabetes bisa melakukan berbagai hal untuk mengatur kadar gula darahnya. Seperti meminum kunyit dengan kayu manis.

Dilansir dari Indian Spice, Jumat (23/8), tidak banyak yang tahu bahwa kunyit dapat melakukan keajaiban dalam mengelola diabetes. Sebuah tinjauan studi tahun 2013 menunjukkan, curcumin di dalam kunyit dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta komplikasi terkait penyakit diabetes lainnya.

Terbuat dari akar curcuma longa, kunyit adalah bumbu yang memiliki sifat medis. Studi menunjukkan curcumin bisa meningkatkan fungsi insulin.

Pemindahan Ibu Kota Negara, Fadli Zon: Jangan Mengada-ada

Viral Video Pelajar Tenggak Miras di Kelas, Polisi Lakukan Ini

Pilkada Bulukumba, PPP Beri Sinyal Dorong Kadernya

Luna Maya Hafal Lagu Terbaru Ariel NOAH, Eh Salah Tingkah

Grace Natalie Beri Kabar Terbaru Soal PSI dan Jatah Menteri

Cara Konsumsi

Kunyit dapat dikonsumsi sebagai minuman. Tujuannya menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Seperti Ambil sejumput bubuk kunyit yang dicampurkan dalam susu. Tambahkan pula kayu manis ke dalamnya.

Berbagai penelitian menunjukkan kalau menambahkan sejumput bubuk kayu manis ke dalam susu kunyit dapat membantu menurunkan kadar insulin. Kombinasi rempah-rempah dapat menurunkan insulin dan trigliserida yang dipicu oleh makanan berlemak tinggi. Tapi ingat, dalam laman Medical News Today disebutkan untuk membuat minuman ini harus menggunakan susu nondairy (bukan susu dari hewan, seperti susu kedelai atau susu almond).

Efek Samping

Walaupun kunyit aman dikonsumsi, perlu dicatat bahwa curcumin, yang merupakan komponen aktif kunyit, agak sulit diserap. Ada seseorang yang mengalami alergi atau masalah pencernaan. Makanya, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai fungsi dan dosisnya. (jp)

Loading...

One thought on “Penyakit Diabetes, Coba Minum Susu Kunyit dan Kayu Manis

Comments are closed.