Soal Pemindahan Ibu Kota, Amien Rais: Presiden Jokowi Ribut Sendiri

Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:55 WIB
ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID — Keinginan Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota masih berpolemik. Pro dan kontra masih tampak dari berbagai kalangan.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais bahkan menyindir wacana itu. Amien menyebut, Jokowi ribut sendiri dengan menggaungkan pemindahan ibu kota.

“Jadi, saya heran kalau Pak Jokowi sepertinya ribut sendiri mau mindah ibu kota,” sindir Amien ditemui di Jakarta Utara, Jumat (23/8/2019).

Menurut Amien, lokasi pemindahan ibu kota belum jelas. Jokowi tidak pernah menyebut secara pasti lokasi calon ibu kota yang baru. Tanpa memberikan kepastian, simpang siur informasi tercipta.

“Ada mengatakan mungkin di Kalimantan Tengah, mungkin di Kalimantan Timur, ada yang mengatakan kalau tengahnya bukan Kalimantan, dong. Masih barat, ada yang mengusulkan di Sulawesi,” ucap Amien.

Selain persoalan lokasi, Amien juga menilai, pemindahan ibu kota bukanlah masalah urgen yang wajib dilakukan pemerintah. Menurut dia, sebaiknya pemerintahan Jokowi menuntaskan persoalan di Manokwari, Papua Barat.

“Lebih mendesak, saya katakan, kejadian di Sorong, di Fakfak, di Manokwari, di mana teman-teman, saudara kita Papua itu memang melampiaskan marahnya,” tegas dia. (JPNN)

Loading...