Warga Malaysia Nabila Menangis Dengar Lagu Indonesia Raya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- NKRI harga mati! Tak hanya anak bangsa, ternyata warga Malaysia Nabila Mohamad tak dapat menahan titik air matanya jatuh ke pipi.

Haru sangat dia menyaksikan bendera raksasa 180×40 meter berkibar di Bukit Kelam, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Dan dia pun menyanyikan lagu kebangsaan RI, Sabtu (17/8).

Pada Selasa (20/8), Bupati Jarot Winarno, Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Rahmat Basuki, Staf Alhi Bupati Arbudin, menyambut kunjungan 48 orang pendaki yang berhasil membentangkan Merah Putih raksasa di Bukit Kelam. Mereka diterima di Pendopo Bupati Sintang.

Bupati Jarot mengapresiasi para pendaki dengan mengatakan, pembentangan bendara raksasa di Bukit Kelam merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Sintang.

“Namun, keberhasilan itu jangan buat kita semua berpuas diri. Ada masukan dari masyarakat Sintang bahkan dari luar juga, bendera yang dibentangkan itu kelihatan kecil dari kejauhan, meskipun ukurannya 180 x 40 meter,” tuturnya, Jumat (23/8).

Jarot tentu tak kecil hati. Ia meminta tahun depan Merah Putih yang dibentangkan lebih besar lagi dari sekarang. Tapi, Bupati mengingatkan masalah ukuran bendera.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, bahwa bendera merah putih itu berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjangnya.

Sementara, yang dibentangkan di Bukit Kelam berukuran 180×40 meter. Sehingga, tidak sesuai dengan perbandingan sebagai bendera.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...