Bersih-Bersih Pantai Losari, Nelayan Angkut 20 Ton Sampah Rumah Tangga

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Nelayan se-Kelurahan Bontorannu melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah dari Pantai Losari hingga kanal Bontorannu, Sabtu, 24 Agustus 2019. Hasilnya, mereka mengangkut 20 ton sampah rumah tangga.

Lurah Bontorannu, M Iqbal mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud menjalankan instruksi Wali Kota Makassar dengan program Sabtu bersih. Juga berkat support dari Ciputra.

“Jadi kebetulan karena adanya kegiatan yang disponsori oleh Ciputra maka saya meminta bantuan kepada para nelayan untuk bergotong-royong membersihkan kanal dan pantai kita yang banyak tercemari dengan sampah rumah tangga,” kata Iqbal, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Menurunkan 200 nelayan dan menggunakan 40 perahu, lanjut Iqbal, sampah yang diangkut cukup banyak. Hampir 20 ton yang diangkut dengan 2 truk sampah.

Yang mana menurutnya, masing-masing truknya mampu mengangkut lebih dari 8 ton sampah. “Jadi, hampir 20 ton-lah. Sampah kita bersihkan dari pesisir sampai kanal Bontorannu,” bebernya.

Secara khusus, Iqbal mengaku sangat berterima kasih kepada Ciputra yang mengakomodasi kegiatan ini. Bahkan menyiapkan hadiah bagi nelayan yang mengangkut sampah terbanyak.

“Ada hadiahnya dan semua keperluan ditanggung. Jadi, nelayan ada motivasi mengangkut sampah sebanyak-banyaknya,” imbuhnya.

Camat Mariso, Harun Rani menambahkan, aksi bersih-bersih ini telah direncanakan seminggu yang lalu. Di mana kegiatan ini terlaksana untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Sebab sampah yang paling banyak diangut ini adalah sampah rumah tangga yang sejatinya sulit untuk terurai. “Jadi memang harus terlaksana secara berkesinambungan. Masyarakat juga perlu peduli terhadap lingkungan laut,” terangnya. (tam)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...