Mahasiswa FKG Unhas Dilatih Langsung Profesor dari Amsterdam University Medical Center

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Salah seorang professor dari Vrije University Amsterdam, Marco N Helder, ikut membimbing langsung mahasiswa program dokter gigi spesialis fakultas kedokteran gigi (FKG) UNHAS untuk melakukan kegiatan trial menggunakan alat dan bahan penelitian yang dibawa dari Belanda.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kerjasama riset FKG UNHAS, RSGM, dan Vrije University (VU) Amsterdam Belanda. Dekan FKG Unhas, drg Muhammad Ruslin, menyampaikan bahwa kerja sama antara VU Amsterdam dan Unhas sudah cukup lama dilakukan. Namun, kegiatan riset kilinis dan laboratoris sebelumnya kebanyakan dilakukan di Vrije University Medical Center, Amsterdam.

FKG Unhas memiliki RSGM pendidikan dengan fasilitas dan SDM yang sudah memadai, sudah tersertifikasi, serta SDM di FKG UNHAS juga siap untuk membantu melakukan uji coba klinis dan laboratoris. Harapannya, ke depan akan lebih banyak lagi kegiatan riset dilakukan di FKG atau di RSGM Unhas sehingga lebih banyak mahasiswa yang bisa dilibatkan dalam kegiatan penelitian.

“Ke depannya, kita upayakan lebih banyak professor yang datang dan melakukan riset di Makassar. Kita sudah latih mahasiswa untuk jadi researcher, maupun sebagai asisten researcher. Kader-kader kita sudah dihire dan dipekerjakan sebagai researcher dan asisten researcher seperti di Jepang, Taiwan, dan Belanda. Kita sangat siap,” tambah dekan FKG Unhas ini.

Kegiatan simulasi dan uji coba alat dan bahan penelitian juga dihadiri oleh tiga orang peneliti muda, mahasiswa Ph.D research program VU Amsterdam dan melibatkan mahasiwa program dokter gigi spesialis dari berbagai spesialisasi yang berbeda seperti Residen Bedah Mulut Maksilofasial dan Periodonsia FKG UNHAS.

“Kita tidak bisa pungkiri harus lebih cepat maju dan melihat lebih jauh ke depan. Istilahnya “standing on the giant shoulders,” tutup alumni VU Amsterdam ini. (rls-ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...