Pilpres Usai, Zulkifli Hasan Minta Jangan Baper Lagi

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:46 WIB
Zulkifli Hasan

FAJAR.CO.ID, MAROS — Perolehan kursi Partai Amanat Nasional (PAN) diprediksi bisa mencapai 60 kursi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Sayangnya prediksi itu meleset. Sebab, perolehan kursi PAN mengalami penurunan. Bahkan bukan hanya di DPR RI, hampir semua daerah mengalami penurunan perolehan suaranya.

Hal ini disampaikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan saat membawakan materi pembekalan anggota dewan terpilih dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Barat (Sulbar) di Grand Town Hotel Batangase.

Diakuinya pasca Pileg perolehan suara PAN hanya mampu meraih 44 kursi padahal hasil survei diprediksi bisa sampai 60 kursi.

“Hasil survei diperkirakan 60 kursi itu tidaklah sulit untuk didapat. Tapi kenyataannya prediksi itu malah meleset 16 kursi. Bahkan 15 kursi incumbent kita malah hilang,” katanya.

Terutama di Provinsi Jawa Tengah, tempatnya para tokoh-tokoh PAN, justru kursi PAN hilang.

“Tak satupun kursi yang diperoleh dari delapan kursi. Padahal di sana tempatnya tokoh-tokoh. Bahkan, pada pileg lalu, hanya menempatkan PAN pada posisi ke-8, di antara parpol lainnya,” jelasnya.

Dengan usainya Pilpres ini, dia berpesan agar tak ada lagi yang bawa perasaan atau baper.

“Pilpres telah selesai, dan dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf. Jangan lagi ada yang bawa perasaan atau baper, terkait hasil Pilpres ini,” katanya.

Saat ini, kata dia, semua kader harus mengambil hikmah di balik hasil Pileg dan Pilpres ini dan mengumpulkan kekuatan untuk bertarung pada pemilihan Caleg di 2024 mendatang.

“Pilpres sudah selesai. Saya minta kader PAN jangan baper lagi. Koalisi yang ada saat Pilpres kemarin sudah bubar, seiring kalahnya Pak Prabowo di Pilpres. Sekarang kita jalan masing-masing lagi. Sudah saatnya menyusun kekuatan untuk tahun 2024 biar kita bisa menang,” paparnya. (rin)

Loading...