Kasus Korupsi PAUD Bone, Kabid Bisa Jadi Tersangka

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:41 WIB
Kapolres Bone, AKBP Muh Kadarislam Kasim.

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Sampai saat ini belum ada tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan buku PAUD Disdik Bone. Bahkan, keterlibatan Kepala Bidang Paud dan Dikmas Disdik Kabupaten Bone, Erniati, yang juga merupakan istri Wakil Bupati Bone belum juga ada. Saksi cenderung melindunginya.

Padahal idealnya, seluruh perencanaan anggaran hingga pengalokasian diketahui oleh kepala bidang. Meski begitu, polisi punya cara tersendiri dalam mengungkap kasus yang telah merugikan negara sebesar Rp4,9 miliar. Yakni, melakukan gelar perkara untuk menetapkan tersangka dan menunggu nyanyiannya.

Kapolres Bone, AKBP Muh Kadarislam Kasim mengatakan, sampai saat ini penyidik masih menunggu perhitungan kerugian negara dari BPKP. “Pak Kasat di Makassar itu untuk mengeceknya. Kalau itu sudah keluar kita langsung gelar perkara,” katanya saat ditemui di Mapolres Bone, kemarin.

Saat ditanyai soal keterlibatan kepala bidang PAUD sendiri, perwira berpangkat dua melati itu mengaku sampai saat ini belum ada keterlibatan. Namun, bisa saja jika sudah ada tersangka, baru diakui ke mana saja uang itu mengalir.

“Setelah ada tersangka baru bisa diketahui. Karena kesaksian saksi yang dari pemerintahan tidak mengarah ke sana. Mungkin setelah ada tersangka, baru kita tunggu nyanyiannya,” jelasnya.

Sejauh ini sudah ada 515 saksi yang diperiksa dalam kasus itu. Penyidik sampai saat ini masih memeriksa saksi lagi. Saksi tambahan dari kepala sekolah TK. “Iya, ada pemeriksaan saksi tambahan dari sejumlah kepala sekolah TK yang memang masih dibutuhkan tambahan keterangannya,” ucap Kasat Reskrim Polres Bone, IPTU Moh Pahrun. (gun)

Loading...