PKM Biologi UNM Latih Guru di Enrekang Buat Buku Digital

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (FMIPA UNM) telah terlaksana di Enrekang. Mengangkat tema “Peningkatan Kemampuan E-Learning Berbasis Android Guru Biologi”.

Ketua Tim Pengusung, Arifah Novia Arifin, mengatakan, PKM ini diusung berdasarkan analisis permasalahan yakni sejumlah guru Biologi SMA masih sedikit yang mengenal e-book dan software yang terkait pembuatan e-book berbasis android serta sejumlah informasi yang bersumber dari internet masih perlu diolah dan dikelola secara profesional.

“Program ini kami gelar akhir bulan lalu tepatnya 20-21 Juli selama dua hari. Kegiatan ini dipusatkan di SMP Negeri 1 Enrekang. Ada pun mitra yang terlibat sekaligus menjadi sasaran dari PKM ini yakni MGMP Guru Biologi SMA Kabupaten Enrekang,” ungkapnya, Minggu (25/8/2019).

Anggota Tim, Arsad Bahri, menambahkan, solusi permasalah tersebut adalah dengan memberikan pengetahuan serta melatih penggunaan dari software e-book tersebut. Solusi yang ditawarkan dengan memberikan pengetahuan kepada guru dalam menggunakan software e-book berbasis android, dan melatih guru dalam membuat e-book.

“Jadi nanti menjadi satu dengan multimedia interaktif dan memanfaatkannya sebagai perangkat pembelajaran yang sifatnya mobile. Hasil dari PKM ini adalah sebuah media pembelajaran yakni buku digital dan multimedia interaktif yang dapat diakses pada aplikasi e-book yang telah dibuat,” tukasnya. (fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...