37 Taman di Makassar Sebagai Ruang Terbuka Hijau 

Selasa, 27 Agustus 2019 12:19

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Keberadaan taman kota yang menjadinsatubruang terbuka hijau, bukan hanya dijadikan suatu tempat untuk berkumpul bagi warga. Namun, terdapat banyak sekali manfaat dan fungsi dari adanya taman tersebut.
Indikator dari banyaknya fungsi tersebut adalah, adanya berbagai macam aktifitas yang dapat dilakukan. Baik menjadi tempat santai, olahraga dan area berwirausaha.
Inilah mulai diperhatikan kembali pembenahannya oleh masing-masing Kecamatan yang diberi mandat.  Di Makassar sendiri, ada beberapa taman atau ruang terbuka hijau yang menjadi favorit warga .
Diantaranya  Taman Maccini Sombala dengan luas  di Jl Urip Sumoharjo, 1.892,30 m2, Taman Macan di Jl Balaikota luasnya 12.700 m2, dan taman Kakatua di Jl Kakaktua pertigaan menuju Jl Ratulangi luasnya 861,42 m2 dan juga Pakui sayang yang terletak di Jl AP. Pettarani, dan masuk wilayah pengelolaan otoritas provinsi dan dikelola Dinas PU Provinsi Sulsel.
Pelaksanaan harian Dinas Lingkungan Hidup Makassar, Andi Iskandar mengatakan jumlah taman kota yang ada di Makassar saat ini tercatat ada 37 taman, sejak tahun 2016. Taman-taman ini di serahkan pengelolaannya kepada Kecamatan.
Namun jika di lihat dari luas wilayah kota, keberadaan taman dan tutupan lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota Makassar, masih membutuhkan kurang lebih 20 persen untuk lahan RTH.
Kata dia, Olehnya itu pemerintah Kota Makassar berharap peran serta dari swasta dan masyrakat untuk aktif dalam melakukan penanaman pohon, baik yang dilakukan pada lahan kosong maupun secara vertikal garden. Agar masyarakat disekitar wilayah tersebut dapat menjadikan secara arena santai dan olahraga.
“Rencana kedepan dalam hal pemenuhan RTH bila pemerintah Kota Makassar dapat membebaskan lahan, wilayah di sekitar Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya dan wilayah di sekitar kelurahan Antang, Tamangapa bisa di jadikan taman kota,”ucapnya, Senin (26/8/2019).
Camat Panakukang, Tahir Daeng Ngalli mengatakan saat ini diwilayahnya, ada satu taman yang dalam proses pembenahan. Taman Asoka namanya, letaknya di Jl Boulevard Panakukang.
Taman tersebut menjadi satu pusat perhatian apalagi setiap hari minggu. Karena lokasinya biasa dipakai car free day atau olahraga. Saat ini baru di benahi kembali, pasalnya baru tiga pekat kembali menjabat sebagai Camat Panakukang jadi prosesnya bertahap.(wis)
Bagikan berita ini:
8
4
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar