Akmal Pasluddin: Banggar Jamin Kucuran Anggaran Proyek di Sulsel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — RAPBN 2020 mulai dibahas. Proyek di Sulsel dijamin akan tetap jadi prioritas. Anggota Banggar, Akmal Pasluddin mengatakan pihaknya tentu akan memperjuangkan proyek-proyek sesuai dengan asal pemilihan atau dapil. Kata dia, sudah ada jaminan pemerintah terkait pokok-pokok kebijakan fiskal.

“Salah satunya proyek kereta api wajib tuntas tahun depan. Juga sejumlah jalan lingkar dan bandara Toraja jadi prioritas nasional sebenarnya,” ungkapnya.

Sehingga, pihaknya sisa mengawal program-program atau proyek yang menjadi prioritas nasional. Khususnya di Sulsel agar cepat selesai. Apalagi, Sulsel memang sangat bergantung ke APBN.

“Kabupaten/kota di Sulsel itu juga bergantung ke pusat. Hampir 70 persen struktur APBD-nya itu dana transfer pusat seperti dana desa dan dana kelurahan,” tuturnya.

Proyek di Sulsel akan dikawal bersama legislator asal Sulsel. Apalagi semua diputuskan di Banggar. Sehingga ada peluang untuk menjamin kucuran dana ke Sulsel tetap besar.

“Tahun lalu totalnya hampir Rp20 triliun dari APBN. Kita ingin naik atau paling minimal sama nilainya. Dana ini juga ada untuk Balai Jalan, Balai Sungai untuk irigasi. Juga proyek-proyek bendungan,” tuturnya.

Termasuk bandara di Bone juga akan diusulkan agar ada peningkatan pelayanan. Salah satunya dari sektor infrastruktur dengan memperluas atau menambah panjang landasan pacu (runway).

“Hanya dilayani pesawat kecil berkapasitas 9 orang. Kalau bisa ada pesawat yang sedikit lebih besar, bisa mengangkut puluhan orang seperti ATR,” bebernya. (fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar