Bendera Bintang Kejora Dikibarkan di Kantor Bupati Deiyai

FAJAR.CO.ID, PAPUA-- Sejumlah massa mengibarkan bendera bintang kejora yang merupakan simbol gerakan Papua Merdeka, di kantor Bupati Deiyai dalam aksi serentak di sejumlah tempat di Indonesia, Senin (26/8/2019).

Bendera tersebut berkibar sekitar 1,5 jam sebelum diturunkan. Seorang koordinator aksi, Yosep Iyai kepada kantor berita Reuters menjelaskan, sedikitnya 5.000 orang ikut aksi di Deiyai, yang terletak sekitar 500 km dari ibu kota Papua, Jayapura.

"Di kantor bupati, bendera bintang kejora dikibarkan sekitar 1,5 jam," katanya seraya menambahkan, aksi itu sendiri berlangsung secara damai.

Aksi serentak terjadi di Paniai, Dogiayai, Wamena, Yahukimo, serta sejumlah kota lainnya di luar Papua seperti di Makassar.

Aksi solidaritas terhadap Papua juga telah digelar sebelumnya di Jakarta, Semarang, Den Haag Belanda, Melbourne dan Alice Springs Australia, serta Port Moresby PNG.

Di Deiyai sendiri, aksi diikuti ribuan orang termasuk warga yang mengenakan pakaian tradisional, yang berbaris di jalan-jalan kota itu.

[caption id="attachment_498729" align="alignnone" width="340"] Massa aksi demo di Kantor Bupati Deiyai menurunkan bendera Indonesia merah-putih dan mengibarkan bendera Papua bintang kejora selama 1,5 jam, Senin (26/8/2019) Twitter: @VeronicaKoman[/caption]

Aksi massa yang juga mengibarkan bendera bintang kejora ini merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya pekan lalu, yang menyebabkan terbakaranya sejumlah fasilitas umum di Papua.

Massa marah dengan penghinaan berbau rasis terhadap mahasiswa Papua yang terjadi di asrama mahasiswa daerah tersebut di Jawa Timur pada 17 Agustus.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...