Diabetes, Ini Daftar Minuman yang Aman Dikonsumsi

1 Komentar

FAJAR.CO.ID– Mengalami diabetes membuat seseorang tak bisa memilih makanan dan minuman sesuka hati. Pasalnya, salah memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa menyebabkan gula darah melonjak tinggi. Namun, ada beberapa jenis minuman selain air putih yang dianggap aman untuk dikonsumsi.

Manfaat air putih

Minuman terbaik bagi penderita diabetes atau diabetesi adalah air putih. Selain karena tak memiliki kandungan karbohidrat dan kalori, air putih juga dapat membantu mengendalikan kadar gula di dalam darah.

Air putih yang cukup akan membantu rehidrasi di dalam darah, sehingga kelebihan gula di dalam darah dapat dikeluarkan melalui air seni.

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi air putih lebih dari 1 liter per hari memiliki risiko 28 persen lebih rendah untuk mengalami lonjakan kadar gula darah yang tinggi dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi air putih kurang dari 500 mililiter per hari.

Agar optimal, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi air putih sekitar 1,5-2 liter per hari. Meski demikian, ada kalanya diabetesi ingin mengonsumsi minuman selain air putih, misalnya saat ngobrol dengan teman di kafe atau makan di restoran.

Minuman lain yang aman dikonsumsi diabetesi

Memang tak semua minuman bisa dikonsumsi sesuka hati oleh diabetesi. Namun, jenis minuman di bawah ini dapat dikonsumsi dengan aman oleh para penderita diabetes.

1. Teh hijau

Meski masih terus diteliti, teh hijau diduga memiliki zat tertentu yang bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, telah diketahui bahwa teh hijau kaya akan zat polifenol yang memiliki manfaat sebagai antiradang dan membantu menurunkan risiko kanker.

Berdasarkan penelitian, secangkir teh hijau hangat juga terbukti bisa membantu menurunkan stres dan meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Agar teh hijau dapat diminum dengan aman dan terasa nikmat bagi diabetesi, gunakan pemanis buatan yang aman bagi penderita diabetes, misalnya stevia.

2. Susu almond

Di benua Eropa, susu almond sudah lama populer sebagai pengganti susu sapi. Di Indonesia, susu almond pun mulai banyak dikonsumsi selama beberapa tahun terakhir. Jenis susu ini merupakan alternatif minuman bagi diabetesi yang ingin minum susu.

Selain kandungan kalorinya yang hanya 30 persen dari susu sapi, susu almond tawar tak menaikkan gula darah sama sekali. Selain itu, susu almond memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah dan tinggi protein.

Oleh karena itu, susu almond bisa membuat Anda kenyang lebih lama, khususnya bagi orang yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat. Agar susu almond aman dikonsumsi oleh diabetesi, pastikan bahwa susu almond bebas dari gula. Khususnya jika diabetesi hendak mengonsumsi susu almond yang dijual dalam kemasan, baca dahulu kandungannya baik-baik sebelum meminumnya.

Tjahjo Kumolo Bilang Habib Rizieq Perlu Mengenal Pancasila

Palestina Dihapus dari Daftar Negara di Dunia oleh Amerika

Mau Sukses di Malam Pertama, Ikuti Tips Ini

Luna Maya Ultah ke-36, Apa Hadiah dari Ariel Noah?

Alexander Marwata Beber Upaya Pelemahan KPK di Wawancara

3. Greek yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri yang baik bagi usus, atau disebut juga dengan istilah probiotik. Asupan probiotik yang cukup akan membantu menurunkan risiko obesitas dan mengontrol kadar gula darah.

Di antara semua jenis yoghurt, greek yoghurt merupakan yang baik bagi diabetisi karena mengandung protein dua kali lipat dibandingkan yoghurt biasa dan memiliki karbohidrat 50 persen lebih rendah dibandingkan yoghurt pada umumnya.

Greek yoghurt bisa menjadi alternatif menu sarapan yang baik bagi diabetesi. Asal, pastikan yoghurt tak mengandung gula. Untuk meningkatkan cita rasa, diabetesi dapat mencampur yoghurt dengan aneka buah.

Ketiga jenis minuman di atas aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun demikian, tetap pastikan bahwa diabetesi juga mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Karena air putih turut berkontribusi dalam mengontrol kadar gula darah dan membantu mencegah komplikasi diabetes. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...