Ibu Kota Republik Indonesia Pindah, Intip 4 Negara Ini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ibu Kota Republik Indonesia (RI) telah diputuskan akan pindah ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Hal tersebut telah diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (26/8).

Seperti disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, pemerintah berharap pada akhir tahun 2020, ibu kota baru sudah mulai dilakukan konstruksi. Sehingga paling lambat pada 2024 proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur sudah dilakukan.

Menurut Bambang, pengumuman lokasi ibu kota baru yang telah disampaikan Presiden Jokowi akan segera ditindaklanjuti dengan terutama penentuan lokasi yang tentunya akan melibatkan gubernur. Kemudian, pemerintah juga bakal menyiapkan naskah akademik yang menjadi dasar dari Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk ibu kota Republik Indonesia baru tersebut.

“Tentunya 2020, tahun depan, ini adalah fase persiapan sampai finalnya, maksudnya persiapan itu sudah selesai pada 2020. Baik itu dari masterplan-nya, urban design-nya, building design-nya, desain bangunannya, sampai kepada dasar perundang-undangan terutama RUU-nya. Dan kemudian menyiapkan apakah penyiapan lahan sehingga pembangunan infrastruktur sudah bisa dimulai akhir 2020,” kata Bambang seperti dikutip JawaPos.com (grup fajar.co.id) dari laman Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Senin (26/8) sore.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa rencana pemindahan ibu kota sudah digagas sejak lama, bahkan sejak era presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...