Legislator Senayan Tuding Kritik Pansel Capim KPK Salah Arah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Legislator Senayan yang juga anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu menilai kritik Koalisi Masyarakat Sipil terhadap Pansel Capim KPK tidak relevan dan salah arah. Pasalnya, pada akhirnya penentuan ada di Komisi III DPR untuk meloloskan.

“Sejak awal teman di koalisi sudah nyinyir, padahal proses pemilihan oleh Pansel KPK hanya tahapan awal. Bukan tahapan menentukan,” kata Masinton kepada wartawan, Selasa (27/8).

Diketahui, terjadi perdebatan mengenai seleksi Capim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Koalisi Masyarakat Sipil menilai ada kesalahan dalam proses seleksi calon pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

Pada tahapan tersebut, kata legislator senayan ini, pansel hanya bertugas menyeleksi dan menjaring nama-nama yang akan mereka saring. Namun pada akhirnya, DPR yang menentukan nasib para Capim KPK tersebut lolos atau tidak.

“Jadi, sepuluh nama diserahkan ke Presiden. Dan oleh Presiden diserahkan ke DPR. Nantinya sepulu orang itu akan dipilih menjadi lima orang oleh DPR,” kata legislator senayan Masinton.

Dalam proses seleksi itu, mulai dari tes administrasi, tes kesehatan, profil asesmen, Pansel tak bekerja sendirian. Mereka juga melibatkan sejumlah pihak seperti Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Warga Temukan Granat Peninggalan Zaman Belanda

Ertiga XL6 Resmi Diluncurkan, Seperti Ini Wujud dan Harganya

Sadis, Istri Tega Bakar Suami

Direktur Operasi AP II Digarap KPK, Saksi Kasus Suap BHS

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...