Pesantren Kilat UMI, Padukan Karakter Moral dan Karakter Kinerja

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Muslim Indonesia (UMI) menyambut mahasiswa baru melalui kegiatan Pesantren Kilat Angkatan V di Aula Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin, Selasa (27/8/2019).

Rektor UMI, Prof Basri Modding, mengutarakan, kegiatan ini sebagai pendekatan UMI dalam memadukan karakter moral dan karakter kerja, serta keselarasan antara iman dan ilmu pengetahuan.

“Karakter yang dikembangkan dibentuk melalui pesantren kilat sebagai penyambutan mahasiswa baru dan pencerahan qalbu. Sehingga, lulusan UMI mampu menjadi agen perubahan di masyarakat dengan ciri khas berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah,” ujar Prof Basri Modding

Prof Basri Modding kembali mengingatkan, kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan menuju Society 5.0, serta perubahan zaman merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari.

“Oleh karena itu, mahasiswa dituntut untuk menyesuaikan diri agar mampu berdaya saing tinggi dan mampu mengikuti perubahan zaman yang semakin cepat ini,” jelasnya.

Kegiatan Pesantren Kilat ini memadukan antara penyampaian materi untuk menambah wawasan mahasiswa baru dengan kegiatan ibadah secara intensif melalui salat berjemaah di masjid, zikir, dan tadarus Alquran.

Rutinitas peserta Pesantren Kilat, antara lain, bangun pagi dilakukan pada jam 03.00 lewat tengah malam untuk persiapan melakukan salat malam (salat lail) berjemaah, wirid dan tadarus selama sejam penuh (pukul 03.00-04.00).

Salat lail ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual. Selanjutnya, pada jam 04.00-05.00, peserta mengikuti Tadarus Alquran bersama sebagai sarana untuk mencapai kecerdasan intelektual dan emosional. Dilanjutkan dengan salat subuh dan zikir. Mulai pukul 8 pagi, peserta menerima materi. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...