Republik Islam Iran Kirim Kapal Perang Sahand ke Teluk Aden

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Kawasan teluk bakal semakin memanas. Republik Islam Iran telah mengirim sebuah kapal perusak dan sebuah kapal pendukung pembawa helikopter ke Teluk Aden.

Langkah ini diklaim untuk memberikan keamanan bagi kapal-kapal Republik Islam Iran di perairan internasional, seperti disampaikan kepala militer Iran pada hari Senin, Anadolu melaporkan.

Laksamana Habibollah Sayyari yang dilantik sebagai Kepala Angkatan Laut tahun lalu mengatakan kapal perusak Sahand, telah dikirim pada misi luar negeri pertamanya ke Teluk Aden, menurut kantor berita resmi IRNA dilansir Iranian, Selasa, 27 Agustus.

Kasus Korupsi Mandek di Polres Parepare, Lima Tersangka Bebas Melenggang

Rektor Asing, Guru Besar UI: Saya Salut Sekaligus Minta Maaf…

Revisi UU Pilkada, Bawaslu di Mana?

Berenang, Hindari Risiko Fatal hingga Kematian

Profesor Cho Rektor Asing Pertama di Indonesia, Ini Kampusnya

Dia mengatakan kapal militer itu akan melindungi kapal-kapal pelayaran Iran di Laut Oman dan Teluk Aden.

Pengumuman itu muncul di tengah ketegangan antara Iran dan AS setelah dua kapal tanker minyak diserang di Selat Hormuz pada Juni.

Washington meminta Teheran bertanggung jawab atas serangan itu, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Republik Islam Iran.

Bulan lalu, AS mengumumkan rencana untuk menciptakan koalisi militer internasional untuk melindungi perairan Iran dan Yaman, menyusul serangan kapal tanker minyak.

Saat ini, di Teluk Peria, sejumlah kapal perang milik Amerika Serikat dan Inggris telah berlabuh. Dua negara ini juga mengklaim, pengiriman kapal perang itu dalam rangka mengamankan navigasi untuk pelayaran internasional.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...