Sakit, Warga Kabupaten Gowa Ini Ditandu 5 Kilometer karena Jalan Rusak Parah

FAJAR.CO.ID,SUNGGUMINASA--Salah seorang warga Dusun Pattallassang, Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Daeng Geseng (65), harus ditandu sejauh lima kilometer ke Puskesmas. Pasalnya, akses jalan dari tempat ia tinggal rusak parah.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang warga Dusun Pattallassang lainnya yakni Firdaus. Menurutnya, saat itu Daeng Geseng mengalami sakit pernapasan.

“Sudah lama sakitnya. Makanya terpaksa ditandu menggunakan bambu untuk dapat berobat di Puskesmas setempat,” ungkapnya saat dikonfirmasi Radar Selatan, Senin (26/8/2019).

Ia menjelaskan, kondisi jalanan yang rusak tidak memungkinkan untuk Daeng Geseng memperoleh perawatan secara cepat. Sebab, jarak dari dusun ke puskesmas setempat sekitar 15 km.“Kurang lebih 5 km ditandu baru bisa sampai ada mobil yang antar ke puskesmas,” jelasnya.

“Sebenarnya kalau musim kemarau bisaji lewat kendaraan. Tapi itu pun cukup jauh jaraknya karena harus lewat di dusun sebelah. Adaji juga jembatan penghubung untuk naik motor, tapi cukup menantang untuk bisa dilalui,” katanya.

Selain Daeng Geseng, ia bercerita bahwa sudah banyak warga lainnya terutama ibu-ibu hamil yang terpaksa melahirkan di jalan lantaran jauhnya akses yang harus dilalui untuk sampai di puskesmas.

“Iya banyak mi kasian ibu-ibu melahirkan di perjalanan. Musim kemarau saja na susah akses. Apalagi kalau musim hujan tambah jelek jalan dipenuhi lumpur,” keluhnya.

Ia menyebutkan, selama ini jalanan di dusunnya tersebut memang belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat. Padahal, terdapat kurang lebih 300 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di dusun tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...