2020, Proyek Kereta Api Makassar-Parepare Diguyur Rp1 Triliun

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Proyek kereta api Makassar-Parepare dipastikan mendapat kucuran APBN. Anggarannya Rp1 triliun.

Anggota Banggar DPR RI, Andi Akmal Pasluddin mengatakan pembahasan RAPBN 2020 mulai masuk ke proyek-proyek prioritas. Salah satunya kelanjutan proyek kereta api Makassar-Parepare. Proyek ini sendiri cukup lamban progresnya salah satunya karena persoalan lahan.

“Anggaran kereta api Makassar-Parepare tahun depan dianggarkan Rp1 triliun. Kami dorong agar anggaran ini dimaksimalkan sehingga proyek ini rampung,” ungkapnya kepada FAJAR, Kamis (29/08/2019).

Pihaknya tentu akan memperjuangkan proyek-proyek sesuai dengan asal pemilihan atau dapil. Kata dia, sudah ada jaminan pemerintah terkait pokok-pokok kebijakan fiskal. Selain kereta api, pihaknya juga menjamin kucuran untuk proyek lain. Seperti sejumlah jalan lingkar dan bandara Toraja jadi prioritas nasional sebenarnya.

“Hanya saja yang lain belum ditentukan besaran anggarannya. Bertahap dibahas,” bebernya.

Kemenhub sebelumnya membuat skema KPBU untuk penuntasan proyek KA dengan membuat konsorsium PT Celebes Railway Indonesia (CRI). Konsorsium ini resmi dilibatkan dalam proyek kereta api (KA) Trans Sulawesi. Perusahaan itu akan mengerjakan jalur penghubung jalur KA Makassar-Parepare dengan pabrik semen.(fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...