Pesantren Kilat Maba UMI, Tekankan Pentingnya Bela Negara

FAJARONLINE. CO. ID, MAKASSAR -- Mahasiswa Baru (Maba) UMI menerima materi bela negara dari Staf Utama Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Provinsi Sulawesi Selatan, Kolonel Sus Dr. Drs. Andi Arman, M.Si. Berlangsung di Aula Pesantren Darul Mukhlisin, Kampus V UMI, Kamis (29/8/2019).

Dalam materi tersebut diikuti maba Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Angkatan VI. Kolonel Andi Arman mengutarakan, wujud bela negara dapat dilakukan, yakni menjuarai kompetisi di bidang teknologi dan inovasi tingkat dunia, mengembangkan bakat dan prestasi dalam berbagai bidang dan mengabdikan diri sesuai profesi masing-masing.

Menurutnya, sikap, mental, dan perilaku dalam pembinaan kesadaran bela negara perlu dimiliki maba. "Hakikat pembinaan kesadaran bela negara adalah upaya untuk membangun sikap mental dan perilaku warga negara Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, sebagai wujud kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945," akunya.

Lebih lanjut, bela negara itu penting untuk menjaga eksistensi negara kesatuan Republik Indonesia. "Saat ini antar-negara penuh dengan persaingan, sehingga agar negara kesatuan Republik Indonesia tetap eksis kita harus membela dan melindungi dari segala bentuk ancaman", akunya. (aas)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...