Tiga Dosen Bahasa Inggris Unismuh Belajar Penulisan Jurnal di Amerika dan Inggris

0 Komentar

Fajar.co.id, Makassar – Tiga orang dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar berhasil memperoleh hibah Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional dari Dirjen Sumber Daya Kemristek Dikti. Ketiganya akan belajar di luar negeri, yaitu di Amerika Serikat dan Inggris.

Hal itu diungkapkan Ketua Prodi PBI Unismuh Makassar Ummi Khaerati Syam, di Kampus Unismuh Makassar, Kamis, 29 Agutus 2019.

Ketiga dosen tersebut, lanjut Ummi, berhasil meyakinkan tim seleksi Kemeristekdikti dalam beberapa tahapan tes. Mulai dari seleksi berkas hingga tes wawancara. Pada tahapan seleksi berkas mereka harus menyiapkan artikel yang layak untuk dimuat pada jurnal internasional bereputasi.

“Pada tahapan wawancara terdiri dua jenis, yaitu wawancara dari universitas sasaran dan tim seleksi Kemenristekdikti. Pada tahap ini, mereka diwawancarai tentang hasil komunikasi dengan calon mentor luar negeri, serta kesiapan artikel yang akan dipublikasi,” pungkas Ummi, kandidat Doktor di Universitas Negeri Makassar.

Mereka yang lolos adalah Andi Asri Jumiati diterima di Northern Illnois University USA, Eka Prabawati Rum dan Hj Ilmiah di Roehampton University UK. Mereka berada di sana selama empat bulan untuk belajar tentang penulisan dan publikasi jurnal internasional.

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib PhD, mengapresiasi keberhasilan ketiga dosen tersebut. Ia berharap mereka memanfaatkan momentum belajar publikasi internasional di luar negeri secara maksimal. “Saat mereka kembali, mereka akan menjadi mentor bagi dosen-dosen lain di FKIP,” tutup Erwin. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...