Unhas dan MRT Jakarta Jalin Kerja Sama Terkait Transportasi Publik

0 Komentar

 

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menandatangani Nota Kesepahaman dengan Unhas, di sela The 3th International Conference Civil and Environmental Engineering (ICCEE) 2019 yang berlangsung di The Patra Hotel Kuta, Denpasar, Kamis (29/8/2019).

Nota Kesepahaman bertajuk Pendidikan, Penelitian, serta Pengabdian Masyarakat ini ditandatangani oleh Presiden Direktur PT MRT Jakarta Dr. William P. Sabandar, MEng. Sc. dan Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA.

PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) berdiri pada tanggal 17 Juni 2008, berbentuk badan hukum Perseroan Terbatas dengan mayoritas saham dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (struktur kepemilikan: Pemprov DKI Jakarta 99.98%, PD Pasar Jaya 0.02%).

PT MRT Jakarta memiliki ruang lingkup kegiatan di antaranya untuk pengusahaan dan pembangunan prasarana dan sarana MRT, pengoperasian dan perawatan (operation and maintenance/O&M) prasarana dan sarana MRT, serta pengembangan dan pengelolaan properti/bisnis di stasiun dan kawasan sekitarnya.

Tanggung jawab perusahaan tersebut akan lebih mudah tercapai jika dilaksanakan secara bersama dengan institusi perguruan tinggi yang memiliki komitmen, mempunyai kompetensi dan sumber daya handal terkait penyelenggaraan transportasi massal.

PT. MRT Jakarta ditugaskan untuk melakukan penyelenggaraan prasarana dan sarana, serta sebagai operator utama pengembangan dan pembangunan kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Development). Hal inilah yang mendasari kerja sama antara PT. MRT Jakarta dan Unhas.

PT MRT Jakarta memberikan kepercayaan kepada Unhas untuk melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung tugas dan tanggung jawab MRT. Unhas dinilai telah memiliki banyak riset dan proyek kerjasama terkait trasnportasi massal.

Prof. Dwia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan PT. MRT Jakarta kepada Unhas. Kerja sama ini merupakan aspek yang sangat strategis untuk bangsa ini. (ism)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...