Cara Terbaik Terhindar Flu dan Batuk

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Flu dan batuk adalah sebuah kondisi kesehatan, yang kerap menjadi langganan manusia sejak bumi ini diciptakan, dan tak ada yang mampu menghindar darinya.

Kendati demikian, terlebih dengan pesatnya perkembangan teknologi medis, juga pengetahuan manusia akan kondisi ini, flu dan batuk bisa saja dihindari, meski tidak mutlak.

Dan menurut grandparents.com, selain berolahraga secara rutin tentunya, berikut adalah cara terbaik agar terhindar darinya:

Vaksinasi

“Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda,” kata William Schaffner, M.D., profesor dari Vanderbilt University School of Medicine di Nashville.

Vaksin yang dapat digunakan oleh setiap orang dewasa, efektif mencegah Anda dari flu sebesar 50-60 persen. Tidak hanya itu, vaksin ini ternyata juga dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang, terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit lain terkait dengan jantung.

Istirahat yang cukup

Selain vaksinasi, istirahat yang cukup adalah obat terbaik untuk mengatasi flu dan batuk. Karena menurut studi Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh, menyebutkan bahwa kurang tidur dapat membuat Anda, terekspos pada serangan virus dan bakteri, karenanya penting untuk tidur tepat waktu dan dalam waktu yang dianjurkan.

“Tujuh hingga 9 jam adalah waktu yang optimal,” kata Sheldon Cohen, Ph.D. selaku pimpinan studi CMU.

Tertawa

Salah satu kunci untuk sehat adalah banyak tertawa. Pada studi yang Western Kentucky University terhadap beberapa partisipannya, mereka yang suka menonton film komedi menunjukan aktifitas yang luar biasa pada cell NK dalam tubuh, yang berfungsi sebagai pembunuh sel mikroba dan kanker.(fin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...