Layanan Komunikasi di Kota Jayapura Lumpuh, Hanya Bisa SMS

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA – Layanan komunikasi di Kota Jayapura, Papua, Jumat (30/8) masih mengalami gangguan. Hal ini buntut dari unjuk rasa yang berujung rusuh, Kamis (29/8) pagi hingga sore waktu setempat.

Antara melaporkan, sekitar pukul 06.30 WIT atau sekitar pukul 04.30 WIB, panggilan ponsel ke luar dan masuk masih mengalami gangguan dengan suara yang tidak bisa didengar lawan bicara.

Jaringan data seluler juga masih tidak bisa digunakan untuk mengakses internet atau berhubungan melalui aplikasi chat. Sejauh ini, layanan komunikasi di Kota Jayapura baru bisa dilakukan lewat pesan singkat (sms).

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan memang terjadi gangguan layanan seluler di Jayapura dan sekitarnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menyebut gangguan layanan komunikasi di Kota Jayapura tersebut karena ada yang memotong kabel utama jaringan optik telekomunikasi.

“Yang terjadi di Jayapura, karena ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura,” kata Rudiantara dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis malam.

Rudiantara menegaskan bahwa gangguan layanan komunikasi di Jayapura dan sekitarnya, bukanlah karena kebijakan pemerintah. Sebab kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan layanan data.

Kerusuhan di Wilayah Deiyai, KSAD : Sedang Ditangani

Jimly Asshiddiqie Tantang Habib Rizieq, Ini Reaksi Alumni 212

Soal Kerusuhan Papua, Anggota Komisi I DPRD RI : Pemerintah Harus Menyelesaikan dengan Transparan

Anak Gadis Baru Mandi Pagi, Ayah Tiri Ikut Masuk Kamar

Ali Mochtar Ngabalin Asli Fakfak Bilang Ini Soal Rusuh Papua

“Kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data (tidak ada kebijakan black out) sementara layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan,” ujarnya.

Saat ini, kata Rudiantara, pihak Telkomsel sedang berusaha memulihkan jaringan telekomunikasi di kawasan tersebut dengan berbagai cara baik perbaikan atau pengalihan lalu lintas (traffic) komunikasi, sehingga layanan komunikasi di Kota Jayapura bisa normal.

“Telkomsel saat ini sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali,” ucapnya.

Rudiantara juga menyatakan pihak pemerintah telah berkoordinasi dengan POLRI serta TNI untuk membantu pengamanan perbaikan terutama di ruang terbuka. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...