M Adam Bisnis Narkoba dari Lapas Miliki Aset Rp12 Triliun

FAJAR.CO.ID, RIAU-- Badan Narkotika Nasional (BNN) menaksir total kekayaan si bandar besar tersebut mencapai Rp 12 triliun. Dan, itu, menurut BNN, diperoleh M Adam melalui bisnis narkoba. Yang dia kendalikan dari dalam penjara di Lapas Kelas III Cilegon, Banten.

Di Riau saja, asetnya menyebar dari Tembilahan, Pekanbaru, hingga Batam. Mulai rumah dan mobil mewah, tanah, sampai perhiasan. Belum yang di Jakarta. Belum lagi aliran uang yang menyebar sampai ke 14 negara.

BNN berhasil mengendus kegiatan M Adam bisnis narkoba pada 16 Agustus lalu. Dengan menangkap empat kaki tangannya, Mirnawati, Darwis, Akbar, dan Candra. Dari keempatnya, BNN mengamankan 20,8 kilogram sabu-sabu dan 31.439 butir ekstasi.

Kemarin (29/8) dia dibawa ke Banten untuk menjadi saksi penyitaan asetnya. Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengungkapkan, pihaknya juga bakal mengusut tindak pidana pencucian uang (TPPU) hasil dari penjualan narkoba yang dijalankan pria kelahiran Indragiri Hilir, Riau, M Adam dari bisnis narkoba.

“Untuk sementara, kami baru menyita asetnya sebanyak Rp 28 miliar. Kami duga asetnya masih ada lagi di luar sana dan akan kami cari terus sampai dia miskin,” kata dia di Batam seperti dilansir Batam Pos kemarin.

BNN menduga, sejak di dalam penjara, jaringan yang dikendalikan M Adam bisnis narkoba sudah berkali-kali menyelundupkan sabu-sabu dari Malaysia ke Indonesia. Jejak Adam dalam dunia narkoba telah terendus sejak tahun 2000.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...