Payudara Kendur Usai Melahirkan, Ini 5 Cara Mengatasinya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Payudara kendur merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada wanita setelah melahirkan. Jangan sedih dan minder dulu! Payudara kendur usai melahirkan masih bisa dikembalikan ke bentuk asalnya.

Perlu Anda tahu, mayoritas jaringan payudara terdiri dari lemak yang terletak di atas otot dada. Selain itu, payudara juga terdiri dari beberapa kelenjar yang salah satunya adalah kelenjar susu.

Ketika hamil, kelenjar susu pada wanita akan membesar untuk memulai proses pembentukan ASI. Akibatnya, payudara akan terasa lebih berat dan pada akhirnya mengendur.

Solusi payudara kendur setelah melahirkan

Ini dia cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah dan mengatasi payudara kendur usai melahirkan:

1. Gunakan bra yang tepat

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, menggunakan bra yang tepat selama masa kehamilan merupakan cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah payudara kendur usai melahirkan.

“Selama hamil, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh termasuk payudara. Payudara akan membesar dan semakin berat, sehingga bentuknya bisa terlihat turun,” jelas dr. Dyah Novita.

“Dengan memakai bra khusus ibu hamil, payudara akan tetap berada di posisinya. Dengan ini, risiko payudara kendur usai melahirkan bisa diminimalkan. Pastikan Anda memilih ukuran bra yang pas, sesuai dengan bentuk payudara,” tambahnya.

2. Jaga kelembapan payudara

Menjaga kelembapan kulit payudara bisa membantu mempertahankan kekencangan bagian tersebut. Selain itu, payudara yang kelembapannya terjaga juga cenderung tidak kendur meski telah melewati fase melahirkan.

Untuk menjaga kelembapan kulit payudara, konsumsilah buah dan sayur secara rutin, serta cukupi kebutuhan cairan setiap hari. Selain itu, gunakan juga pelembap berbentuk losion yang aman bagi ibu hamil agar kulit tetap terjaga elastisitasnya.

3. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin dengan teknik yang benar bisa bantu mengembalikan bentuk payudara Anda. Dijelaskan dr. Dyah Novita, lakukan latihan yang berfokus pada otot dada, seperti push-up, bench press, atau dengan menggunakan barbel.

Untuk mendukung kegiatan olahraga yang Anda lakukan, jangan lupa juga untuk menggunakan sport bra agar payudara tetap berada di posisinya selama olahraga.

4. Atur pola makan

Mengatur pola makan menjadi lebih teratur dan sehat sangat dianjurkan untuk ibu usai melahirkan. Selain memberikan manfaat pada produksi ASI, mengatur pola makan yang diimbangi dengan olahraga juga mampu mengatasi masalah payudara kendur.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, nutrisi yang sehat merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan payudara yang ideal.

Menteri BUMN Rini Soemarno Membangkang kepada Jokowi?

Menristekdikti Mohamad Nasir Tantang Tanoto Ciptakan Riset

Guru Besar Beri Masukan Ini Kepada Jokowi Soal Capim KPK

Partai Keadilan Sejahtera Tolak Iuran BPJS Naik, Ini Alasannya

Warga Binaan Unjuk Bakat di Depan Gubernur Sulbar

“Ibu perlu asupan protein untuk menjaga kekencangan payudara. Selain itu, asupan nutrisi lain seperti vitamin, kalsium dan mineral juga mendukung payudara yang kencang usai melahirkan. Anda bisa memperoleh sejumlah nutrisi ini dengan mengonsumsi tomat, brokoli, telur, daging, wortel dan produk olahan susu,” ujar dr. Nadia.

5. Lakukan pemijatan payudara

Anda juga bisa memijat payudara kendur dengan menggunakan body lotion atau massage oilsebagai bahan dasarnya. Meski pemijatan tidak secara langsung membuat payudara kendur jadi kencang, tapi hal ini mampu membuat kulit area payudara lembap dan kencang.

Mengatasi payudara kendur setelah melahirkan bisa dilakukan dengan cara-cara tersebut. Jika Anda berniat untuk mengombinasikannya dengan penggunaan obat-obatan tertentu, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter. Ini perlu dilakukan karena kandungan dalam obat bisa memengaruhi jumlah dan kualitas ASI yang Anda keluarkan untuk si Kecil. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...