Syahrul Yasin Limpo Dinilai Layak Jadi Menteri Kabinet Jokowi

Syahrul Yasin Limpo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bersama sejumlah mantan gubernur dinilai layak diangkat jadi menteri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Penilaian itu disampaikan Founder Concern Stategic Think Thank yang juga peneliti LIPI, Hermawan Sulistyo mengatakan bahwa gubernur, dan mantan gubernur berpeluang dan layak masuk dalam list menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua.

“Bukan hal baru presiden mengangkat menteri yang sebelumnya gubernur atau kepala daerah. Tapi pastinya presiden akan mempertimbangkan kecakapannya,” kata Hermawan dalam siaran tertulisnya, Minggu (1/9).

Dia mencontohkan pada masa orde baru, Presiden Soeharto pernah mengangkat sejumlah menteri yang sebelumnya menjabat sebagai gubernur. Pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto dan Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi menjadi Menteri Dalam Negeri.

Pria yang karib disapa Mas Kikiek ini menyebut ada beberapa tokoh yang layak diangkat menjadi menteri. Di antaranya mantan gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Muhammad Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (Nusa Tenggara Barat) dan Soekarwo atau dikenal dengan sebutan Pak Dhe Karwo (Jawa Timur).

Merujuk nama yang disebutkan Mas Kikiek, rupanya rekam jejak Syahrul Yasin Limpo (SYL) memang sarat dengan prestasi dan penghargaan. Pada 2017 misalnya, Syahrul Yasin Limpo dinobatkan sebagai Kepala Daerah Terinovatif dalam kategori ekonomi dan investasi. Dia dinilai sukses mengantar Sulsel sebagai salah satu provinsi dengan angka pendapatan perkapita tinggi, yakni di diatas Rp 58,6juta.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...