F8 Target 1 Juta Pengunjung

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Makassar International Eight Festival and Forum (F8) dipastikan kembali dihelat. Targetnya 1 juta pengunjung.

Namun, event ini diprediksi tak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Event yang sudah masuk tahun keempat ini tidak lagi diselenggarakan Pemkot Makassar. Kali ini, dilakukan swasta oleh PT Festival Delapan Indonesia.

Direktur Utama PT Festival Delapan Indonesia, Sofyan Setiawan, mengemukakan, secara umum targetnya hanya mengacu pada perhelatan sebelumnya. Itu pun kali ini hanya akan dihelat tiga malam saja, 11 hingga 13 Oktober. Sebelumnya lima hari. Sehingga pengunjung pun ditargetkan separuh dari event 2018.

“Satu juta (pengunjung) sudah sangat banyak,” kata Sofyan saat jumpa pers di salah satu cafe di Jalan Bontolempangan, Senin, 2 September 2019.

Begitu pun dengan transaksi, sebelumnya berhasil mencatat Rp21 miliar. Target tahun ini juga bisa diakuinya harus dirasionalkan dengan kondisi. Namun dia menegaskan, jumlah tenant tetap ditargetkan seperti tahun sebelumnya, 200 tenant UMKM. “Kita lihat kondisi luas lokasi. Sebab tempat belum dipastikan,” katanya.

Namun, pihaknya menarget UMKM yang ada di Makassar. Khususnya warung-warung kopi di Makassar bisa menjadikan F8 lebarannya para UMKM. “Bahkan kita berharap uang itu mengalir ke mereka. Tahun lalu kan didominasi transaksi penjualan mobil,” katanya.

Direktur PT Festival Delapan Indonesia, Ashari Ramadhani, menambahkan, untuk peserta kota maupun negara targetnya juga mengacu pada 2018. Hanya saja kata dia, tahun lalu ramai karena ada forum Internasional yang dihadiri 37 negara.

Sampai saat ini, baru empat yang siap hadir. Yakni Jepang, Australia, Belgia, dan Australia. “Sementara negara lainnya masih sementara dikonfirmasi,” tambahnya. (mum/dir)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...