Kapolda Sulsel yang Baru Ternyata Putra Daerah, Ini Profilnya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jabatan Kapolda Sulsel yang baru akan diisi oleh Irjen Pol Mas Guntur Laupe. Sedangkan Irjen Pol Hamidin digeser menjadi Kapolda NTT.

Mas Guntur Laupe ternyata seorang putra daerah asli Sulsel. Pria kelahiran Parepare, 23 Juli 1963 ini bukanlah orang baru. Dia merupakan mantan Wakapolda Sulsel sebelum menjabat sebagai Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Mabes Polri.

Dia merupakan alumni SMPN 3 Parepare, kemudian tamat di SMAN 2 Parepare, masuk Akademi Polisi (Akpol) tahun 1986. Lalu dia suka menyanyikan lagu Samson “Kenangan Terindah”. Lagu itu dinyanyikannya saat Fareweel Wakapolda Sulsel 24 April 2018 lalu.

Pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi tahun 2000, lalu Kabid Produk Pusat Pengamanan Internal Divisi Profesi dan Pengamanan Internal di Mabes Polri tahun 2009, dia dapat amanah sebagai Direktur Reserse dan Kriminal Polda Kalsel 2010. Di tahun yang sama hingga 2012 MS Laupe pindah ke Dirreskrimsus Polda Kalsel.

Seperti diberitakan sebelumnya, jabatan Kapolda Sulsel berganti. Irjen Pol Hamidin digeser menjadi Kapolda NTT. Yang menggantikannya adalah Irjen Pol Mas Guntur Laupe.

Hal itu sesuai dengan surat Telegram Rahasia nomor: ST/2316/IX/Kep/2019, kemudian ref Kapolri nomor: Kep/1586/IX/2019 tanggal 2 September 2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan dalam lingkup Polri.

Telegram itu ditandatangani oleh As SDM Kapolri, Irjen Pol Eko Indra Heri. Ada 132 perwira yang digeser. Mulai dari perwira menengah (Pamen) hingga perwira tinggi (Pati). (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...