Leasing Terancam Marketplace

Menawarkan Kemudahan Kredit

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Suguhan marketplace kian inovatif demi menarik konsumen. Teranyar, bisa membeli produk dengan skema mencicil.
Menariknya lagi, sistem cicilan yang ditawarkan bukan hanya menggunakan kartu kredit, melainkan kredit online.

Kemudahan tersebut mengancam perusahaan pembiayaan. Sebab segala jenis produk bisa dicicil. Manager FIFGroup Makassar, Alfaizin Syufianto, menjelaskan bahwa layanan marketplace yang sudah bisa mencicil produk dijadikannya sebagai motivasi untuk berbenah. Ke depan katanya pihaknya pun akan mengarah ke sana.

“Nah Spektra (brand FIF Group yang melayani pembiayaan) itu, sudah online juga kok sistemnya sekarang,” katanya, Selasa, 3 September.
Namun, dalam tahap menuju ke arah itu, ia juga mengaku akan terus memacu performa dengan beragam inovasi. Termasuk dalam waktu dekat akan menghelat pameran Spektra di Panakukang Square. “Saat event nanti, kami sajikan beragam promo menarik ditambah benefitnya,” jelasnya.

Sementara itu, Branch Manager Adira Makassar I, Rajaman, menjelaskan bahwa perkembangan teknologi dan maraknya marketplace, memaksa pelaku industri jasa keuangan harus ikut berinovasi. “Dari sisi kompetisi, memang menjadi ancaman bagi kami. Tetapi kami melihatnya sebagai motivasi untuk meningkatkan layanan,” jelasnya.

Salah satu upaya peningkatan pelayanan yang dkmaksud adalah dengan melakukan sinergi. Ya, saat ini Adira sudah bekerja sama dengan OLX. Lalu langkah selanjutnya juga dengan membuat sistem teknologi sendiri dengan layanan digital.

“Nah kami juga punya aplikasi. Bisa di cicilaja.com untuk elektronik. Kalau mau kendaraan bisa lewat momotor.id atau momobil.id,” terangnya. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyaluran kredit perusahaan pembiayaan mencatat penyaluran telah tembus Rp13,01 triliun di Sulsel. Leasing tetap tumbuh double digit atau 10,71 persen (yoy). Justru yang stagnan di sektor perbankan mencatat penyaluran mencapai Rp121,81 triliun cuma tumbuh 4,32 persen. (abd-dir)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : asrie

Comment

Loading...