Open Base 2019, Atraksi Akrobatik Alutsista Pukau Ribuan Mata

FAJAR.CO.ID, BOYOLALI– Suara deru pesawat tempur menggelegar di langit apron selatan Lanud Adi Sumarmo, Selasa (3/9) siang. Pemandangan yang sangat jarang terjadi ini merupakan event Open Base 2019.

Ribuan pasang mata dibuat terpukau dan takjub oleh atraksi akrobatik alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik jajaran TNI AU di ajang Open Base 2019. Pertama pengunjung disuguhkan oleh atraksi enam Pesawat Hely Colbri dari Sakdron 7 Subang. Berbagai jenis atraksi yang dilakukan oleh pilot profesional berhasil menghipnotis mata para pengunjung.

Sorak sorai penonton dan suara tepuk tangan semakin bergemuruh ketika tiga pesawat tempur F-16 dan dua pesawat tempur T50 Golden Eyes dari Lanud Iswahyudi Madiun melintas di atas Heli. Tak mau kalah, pesawat dengan kecepatan supersonik ini juga terlihat beberapa kali melintas sambil beraktraksi dilangit yang cerah kemarin.

“Papa, papa, lihat. Wah keren…hebat…,” teriak salah seorang anak sambil melambaikan tangan ke arah pesawat tempur penjaga keutuhan NKRI tersebut.

Sambil dibopong di bahu sang ayah, gadis cilik yang diketahui bernama Delisha, 5, ini terlihat antusias melihat atraksi yang dilakukan para pilot. “Iya baru kali ini lihat. Biasanya cuma lihat di gambar yang ditempel di kamar. Ini bisa lihat pesawat aslinya. Lebih keren dari yang digambar,” tuturnya.

Debby Rahmanto, 35, memang sengaja mengajak sang anak ke lokasi untuk mengenalkan jenis pesawat-pesawat tempur milik TNI AU. Dia mengetahui ada event Open Base 2019 ini setelah melihat postingan di media sosial. “Lumayan dapat hiburan gratis, terus bisa menambah wawasan juga,” ujarnya.

Sekitar setengah jam melakukan atraksi di Open Base 2019, sebelas pesawat langsung landing di apron selatan. Setelah dipersilakan petugas, masyarakat boleh melihat secara langsung bentuk pesawat ini. Bahkan berkesempatan menyentuh langsung. Momen ini tidak disia-siakan. Ribuan penonton langsung be-swafoto dengan latar belakang pesawat.

Indonesia vs Malaysia: Ini yang Ditakutkan Tan Cheng Hoe

Penyebab Kecelakaan Beruntun: Truk Kelebihan Muatan dan Rem Blong

Pemilihan Menteri, Joko Widodo: Jangan Ada Ikut Campur

Berkesan Sosok Kepala BNPB, Korban Banjir di Sentani Beri Bayinya Nama Doni Monardo

Siti Badriah Pamer Foto Mandi Bareng Suami, Ini Aksinya

Ketua pelaksana acara Mayor (lek) Andika mengatakan, agenda Open Base 2019 merupakan ajang pengenalan wawasan dirgantara kepada masyarakat umum. Acara ini dicetuskan langsung oleh Danlanud Adi Soemarmo Kolonel (Pnb) Adrian Damanik.

“Lanud Adi Soemarmo ini memang bukan pangkalan pesawat tempur, melainkan lembaga pendidikan. Makanya masyarakat sangat jarang melihat secara langsung bentuk pesawat tempur seperti hari ini (kemarin),” kata pria yang menjabat sebagai Kasiops Skadik 403 di Open Base 2019 ini.

Ditambahkan Andika, agenda yang hanya digelar kemarin itu tidak mengganggu jalur penerbangan komersil. Sebab, jalur lepas landas terpisah dengan jalur milik bandara. “Di sini memang dikhususkan bagi penerbangan militer atau penerbangan VIP dan VVIP seperti kepresidenan dan tamu negara serta menteri,” paparnya. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...