Pemerintah Klaim Kondisi Papua Kondusif, Wiranto : Janji 5 September Internet Pulih

FAJAR.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah kembali mengklaim kondisi situasi di Papua yang belakangan terus memanas kini sudah mulai stabil dan kondusif. Karenanya pemerintah akan mempertimbangkan untuk membuka pelemahanan (pelemotan) akses internet di Papua dab Papua Barat yang sempat dibatasi beberapa hari lalu.

Namun pembukan akses internet akan dilakukan jika kondisi di Papua sudah benar-benar kondusif dan tidak ada lagi gejolak yang dapat mengganggu keamanan.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengaku telah berkoordinasi secara langsung dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala Badan Intelijen Negara (KABIN), Budi Gunawan terkait situasi dan kondisi di Papua dan rencana pembukaan kembali akses internet di Papua.

“Kalau keadaan betul-betul kondusif, kita buka kembali internet, ini tanggal 3 ya. Tanggal 5 nanti (dibuka),” katanya di Kantor Kemenko Polhukam di Jakarta, Selasa (3/9).

Selain faktor situasi kondusif, kata Wiranto, pertimbangan pembukaan akses internet juga dengan dasar jumlah informasi hoaks yang telah berkurang sangat signifikan jika dibandingkan ketika adanya aksi demontrasi di Papua.

“Hoaks berkurang, belum habis, berkurang. Hasutan hampir nggak ada, nggak ada yang hasut lagi. Tone-nya sudah positif, negatif 10 persen, yang positif 90 persen,” jelasnya. Pemblokiran layanan Data Telekomunikasi di Papua dan Papua Barat dilakukan sejak 21 Agustus 2019 oleh Kemenkoinfo karena kerusuhan di kedua provinsi tersebut. Kerusuhan di Fakfak, Sorong, dan Manokwari pecah karena dipicu foto dan satu video yang tersebar di media sosial dan aplikasi pesan “WhatsApp”.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...