Kebakaran Hutan dan Lahan Mulai Teratasi, Damkar dan Satpol Lakukan Pendinginan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Dusun Sejahtera Desa Bonto Manurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros sejak Minggu, 1 September hingga Rabu, 4 September 2019 mulai bisa diatasi oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Maros.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Kabid Damkar) Pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), MJ Roem mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses pendinginan di Dusun Sejahtera Desa Bonto Manurung Kecamatan Tompobulu.

Dia mengatakan, penyebab kebakaran ini diduga berawal saat dilakukan pembakaran lahan kebun warga sekitar yang merembes masuk ke area hutan pinus milik negara.

“Cuaca yang cukup panas dan angin kencang menyebabkan rembetan penyebaran api hingga 10 hektare area hutan dilalap api,” katanya.

Dalam proses pemadaman hingga pendinginan ini, kata dia, satuan yang diturunkan dua armada dari Pemadam Kebakaran Maros dan personel 20 orang, BPBD delapan orang, enam armada dari Manggala Agni dengan jumlah personel 30 orang, KPH Bulusaraung Dinas Kehutanan Provinsi empat orang, Babinsa Bontomanurung dan Babinkamtibmas Bontomanurung, Kepala Desa bersama warga sekitar berjumlah 30 orang ikut membantu dalam proses pemadaman.

Diakuinya proses pemadaman dilakukan dengan manual dan alat alat pemadaman seperti jet shooter dan pompa pertable dari Manggala Agni yang dibantu suplay air dari bawah lereng hutan yg terbakar.

“Jadi dilakukan penyambungan ke titik air yang terdapat diarea rumah warga kemudian dengan selang panjang 150 meter. Sehingga dibuat tandon penyimpan air di tengah lereng hutan yg terbakar untuk kemudahan pengisian jet shooter dan penyemprotan air dengan nozeel ke titik api,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini api sudah padam dan petugas sudah meninggalkan lokasi. “Yang sementara masih di sana yakni aparat polisi kehutanan dan aparat pemerintah setempat,” sebutnya. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...