Ratih Retnowati dan Dini Rijanti Akhiri Jabatan di Sel Tahanan

"Kami lakukan penahanan karena untuk mengantisipasi adanya tersangka kabur dan menghilangkan barang bukti. Kami tahan hingga 20 hari kedepan," ucap Kepala Kejari Tanjung Perak Rachmat Supriady.

Rachmat mengatakan, peran Ratih Retnowati dan Dini Rijanti sama dengan empat tersangka sebelumnya, yakni mengkoordinir proposal dari RT atau RW penerima program Jasmas. "Dari sana keduanya mendapatkan fee dari setiap proposal tersebut," ucap Rachmat.

Dia menyebut, sebelum ada kesanggupan Ratih Retnowati dan Dini Rijanti untuk memenuhi panggilan penyidik, mereka akan dijemput paksa seperti Syaiful Aidy. Namun, karena ada keterangan dari kuasa hukum jika keduanya siap memenuhi panggilan kejaksaan, upaya tersebut tidak dilakukan.

"Kami apresiasi iktikad baik keduanya menyerahkan diri. Meksipun mereka sudah mangkir panggilan sebanyak tiga kali," ucapnya.

Menurut Rachmat, dengan ditahannya Ratih Retnowati dan Dini Rijanti, maka kasus ini tuntas. Namun, pengembangan akan tetap dilakukan jika terdapat fakta-fakta baru dalam persidangan. Dia juga me-warning kepada anggota DPRD lain yang mungkin menikmati uang jasmas itu untuk mengembalikan kepada negara.

“Kalau ada kesadaran itu, kami akan memberikan toleransi. Namun, jika sudah masuk dalam penyelidikan dan penyidik tak ada ampun lagi,” tegasnya.

Kuliner Khas Makassar Menjamu Raja dan Sultan se Nusantara, Iqbal Suhaeb : Inilah Salah Satu Identitas

Hotman Paris Menantan Elza Syarief, Begini Pernyataannya

19 Anggota DPR RI Terpilih Belum Serahkan LHKPN, Deadline KPU 7 September

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...